BLANTERORIONv101

Definisi, Manfaat dan Tips Penerapan Pola Hidup Sehat Sehari - hari

27 Juni 2022
pola hidup sehat - dokpedia

Definisi, Manfaat dan Tips Penerapan Pola Hidup Sehat Sehari - hari

Belakangan ini, pola / gaya hidup sehat menjadi salah satu tren tersendiri di kalangan masyarakat lantaran semakin banyaknya penyakit – penyakit baru yang muncul. Terlebih lagi setelah adanya pandemi yang menyerang hampir seluruh penjuru dunia, banyak orang yang kini sadar untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dalam diri sendiri. Kendati demikian, tahukah Anda mengenai definisi, manfaat dan tips penerapan dari pola hidup sehat itu sendiri? Apabila Anda penasaran, maka bisa menyimak informasi lebih lengkapnya di artikel berikut ini.

Definisi pola hidup sehat adalah

Pola hidup sehat di masa pandemi memang sangat penting diterapkan oleh setiap orang demi menunjang kesehatan yang lebih baik lagi. Terlepas dari hal itu, tahukah Anda mengenai apa itu pola atau gaya hidup sehat sendiri? Sebenarnya, pola atau gaya hidup sehat merupakan suatu cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan fisik, jasmani dan rohani yang sehat. Dalam hal ini, sehat yang dimaksud yakni segala hal yang bisa dilakukan seseorang untuk memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Umumnya, seseorang yang memiliki gaya hidup sehat merupakan suatu pilihan yang tepat agar dapat melangsungkan kehidupan lebih baik lagi ke depannya. Adapun dalam hal ini, pola hidup yang sehat erat kaitannya dengan gaya hidup sehat yang memang sudah ditetapkan seseorang di dalam kehidupannya. Sementara itu, penerapan dari gaya hidup yang sehat ini sendiri memiliki beberapa tujuan utama di antaranya sebagai berikut :
  • Menginginkan memiliki tubuh yang sehat.
  • Dapat terhindar dari suatu penyakit sehingga dapat menjadikan pikiran jauh lebih tenang dan nyaman.
  • Mendapatkan tubuh yang sehat secara jasmani dan rohani.

Apa saja manfaat menerapkan pola hidup yang sehat?

Menerapkan perilaku hidup bersih sehat umumnya memiliki banyak sekali manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, baik itu secara fisik maupun mental. Adapun beberapa manfaat dari pola hidup yang sehat yakni sebagai berikut :

• Menjaga sistem kekebalan tubuh
Budaya hidup sehat sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang yang memang sangat mengutamakan kesehatan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit tertentu. Namun siapa sangka jika menerapkan gaya hidup sehat ini ternyata memiliki manfaat penting yakni dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Bagi seseorang yang konsisten menjalankan gaya hidup sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan kuat sehingga terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

• Membantu pemeliharaan berat badan ideal
Pada dasarnya, kondisi tubuh yang terlalu gemuk maupun kurus dinilai kurang baik dalam kesehatan. Apalagi kondisi berat badan obesitas seringkali memicu terserangnya penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah seperti halnya diabetes sampai stroke. Oleh karena itu, dengan membiasakan diri menerapkan pola hidup yang sehat maka akan membantu pemeliharaan berat badan yang ideal.

• Dapat meningkatkan stamina dan energi
Manfaat menerapkan cara hidup sehat selanjutnya yakni dapat membantu meningkatkan stamina dan energi bagi tubuh. Hal ini dikarenakan ketika seseorang menjalani pola makan yang sehat dan teratur serta olahraga yang cukup, secara tidak langsung akan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Dengan begitu, maka akan menjadikan produksi energi dan stamina dalam tubuh menjadi meningkat.

• Mampu memperbaiki kualitas tidur
Beristirahat yang cukup menjadi salah satu pola hidup yang sehat yang juga penting dilakukan setiap orang. Mengenai istirahat disini bukan hanya mengacu pada kuantitas, akan tetapi juga kualitas. Dengan menerapkan upaya gaya hidup sehat, maka hal ini juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur yang baik. Sebab, baik tidaknya kualitas tidur seseorang biasanya dipengaruhi oleh beberapa aktivitas yang dijalankan, berat badan dan kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu setiap harinya.

• Dapat menjaga kesehatan mental
Dengan melakukan beberapa tips hidup sehat sehari – hari, maka Anda juga akan dapat berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mental. Ini dikarenakan orang – orang yang menjalankan gaya hidup sehat dinilai cenderung lebih mampu dalam mengelola stress dan menjaga suasana hati. Bahkan dengan seseorang makan teratur, tidur yang cukup serta olahraga yang teratur akan menjadikan suasana hati menjadi lebih terkendali.


Tips penerapan pola hidup sehat sehari - hari

Menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari – hari umumnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Agar lebih paham dalam menerapkan pola hidup yang sehat, maka bisa menyimak beberapa tips dan triknya berikut ini :

• Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang
Dari 10 pola hidup sehat yang banyak direkomendasikan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan setiap orang. Dalam hal ini, seseorang perlu memperbanyak asupan makanan bergizi seimbang diantaranya yakni seperti sayur – sayuran, buah – buahan sampai dengan vitamin. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam sayur dan buah ini, maka akan menjadikan tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang risiko penyakit tertentu.

• Usahakan tidur yang cukup
Banyak sekali orang yang terkadang menyepelekan istirahat yang cukup dalam kehidupan sehari – hari. Padahal, istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dalam diri sendiri. Untuk itu, dalam penerapan gaya hidup yang sehat ini Anda perlu mengusahakan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Disarankan untuk tidur sebanyak 7 sampai 9 jam setiap hari.

• Berolahraga secara teratur
Meskipun sedang di waktu luang karena libur bekerja, bukan berarti Anda bisa bermalas – malasan saja di rumah. Akan tetapi, ada baiknya Anda untuk lebih aktif dan banyak bergerak yakni dengan cara berolahraga secara teratur. Salah satu tips menjaga kesehatan ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan yoga, bersepeda, jogging atau sekedar berjalan kaki mengelilingi area rumah. Pastikan melakukan olahraga ini secara teratur agar tubuh tetap sehat.

• Terapkan pola pikir yang positif
Pola hidup yang sehat umumnya tidak hanya mengenai kondisi fisik saja, akan tetapi juga mengenai kesehatan mental. Ketika seseorang memiliki banyak tekanan karena masalah tertentu, sering kali hal ini akan menjadikan pikiran menjadi stress. Oleh karena itu, disini Anda perlu menerapkan pola pikir yang positif. Dengan cara ini, maka kesehatan mental akan menjadi lebih baik dan bahkan akan menjadikan hati jauh lebih tentram serta terhindar dari berbagai penyakit.

• Selalu menjaga higienitas
Dalam menerapkan pola makan sehat, sangat penting bagi seseorang untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir secara rutin. Hal ini penting sekali dilakukan lantaran di telapak tangan biasanya terdapat kuman, virus dan bakteri penyebab penyakit berbahaya yang menempel setelah melakukan aktivitas. Oleh karena itu, pastikan sebelum makan Anda biasakan untuk mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air mengalir agar tangan tetap higienis dan terbebas dari kuman penyakit.

Demikianlah penjelasan lengkap yang bisa Anda ketahui dan pahami secara lebih detail mengenai definisi, manfaat serta tips dalam menerapkan pola hidup sehat sehari – hari agar dapat menunjang kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental.