BLANTERORIONv101

Penting! Inilah Tips Hidup Sehat ala Karyawan Kantoran

6 Juli 2022
dokpedia - tips hidup sehat

Penting! Inilah Tips Hidup Sehat ala Karyawan Kantoran

Sebagai karyawan kantoran, Anda hanya berada di ruangan ber-AC dan hanya duduk di depan komputer. Tetapi tahukah Anda bahwa gaya hidup sendentary atau kurang gerak seperti itu membawa dampak buruk bagi tubuh? Untuk menghindari hal itu, Anda mesti tahu tips hidup sehat ala karyawan kantoran berikut.


Efek Jangka Panjang

Sebelum masuk ke pembahasan, Anda wajib menyadari efek jangka panjang jika tidak memperhatikan kesehatan tubuh Anda:

1. Penurunan Kinerja

Kurang terpenuhinya gizi mengakibatkan tubuh Anda tidak fit seperti biasa. Anda akan mulai sakit karena mudah terserang penyakit.

2. Infeksi pada Tubuh

Jika Anda sering menunda hasrat untuk ke kamar mandi, akan ada penumpukan zat ekskresi pada saluran penampungan terlalu lama. Ini bisa memunculkan infeksi saluran kemih akibat bakteri di dalamnya, akibatnya Anda akan sering merasa nyeri di bagian bawah perut.

3. Komplikasi

Tekanan pekerjaan ditambah kurang gerak akan menyebabkan obesitas sekaligus penyakit persendian. Hal itu juga memunculkan dampak buruk lainnya seperti diabetes.


Tips Gaya Hidup Sehat Karyawan Kantoran

Dalam menjaga kesehatan tubuh untuk menyeimbangkan ritme kerja di kantor, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menerapkan tips hidup sehat agar tubuh Anda tetap fit dikala banyak tuntutan sana-sini. Berikut tipsnya:

1. Olahraga

Menjaga intensitas olahraga patut kalian perhitungkan. Hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan otot Anda. Jika rutin dilakukan, mood Anda juga akan ikut terjaga dengan baik karena Anda merasa berhasil mengendalikan diri.

2. Istirahat yang Cukup

Jika ada waktu luang, sempatkanlah untuk istirahat dengan tidur cukup 10 menit atau 15 menit saja. Ini juga sebagai upaya mengganti suasana agar tidak merasa tertekan dengan pekerjaan. Istirahat yang cukup juga membantu Anda menghindari risiko penyakit jantung dan obesitas.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Makanan cepat saji dinilai praktis karena dapat Anda konsumsi di tengah kesibukan, tetapi ini tidak baik dilakukan terus-menerus karena kandungan minyak, garam, dan gulanya yang bisa menimbulkan obesitas. Untuk mencapai pola hidup sehat, tubuh Anda membutuhkan gizi lain agar kebutuhannya tercukupi seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Pembatasan Kafein

Tanpa minum kopi, Anda sulit berkonsentrasi terhadap pekerjaan, ini tidaklah masalah. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak akan memunculkan sensasi dada berdebar berlebihan. Tidak hanya itu, tambahan gula dan creamer memberi sumbangan kalori pada tubuh sehingga sama saja menimbulkan obesitas.


Sebenarnya tips hidup sehat ala karyawan kantoran sangatlah banyak, tetapi pada intinya itu semua untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dalam jangka panjang. Tentu tubuh yang fit akan memberi peran banyak bagi Anda dalam meraih kinerja yang baik di kantor.