BLANTERORIONv101

Berikut 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat, Simak Lebih Lanjut!

29 Juni 2022
dokpedia - hidup bersih sehat

Berikut 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat, Simak Lebih Lanjut!

Penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sudah seharusnya menjadi kebiasaan sehari-hari setiap orang. PHBS adalah gerakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Meskipun terkesan sederhana, namun tidak sedikit orang yang abai terhadap pentingnya PHBS bagi kesehatan diri sendiri, orang terdekat dan lingkungan sekitar.

Indikator-indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat

Secara umum, dalam penerapannya PHBS terdiri dari berbagai langkah untuk membuat anda terbiasa menjalani Pola Hidup Sehat, meliputi:
  1. Menggunakan air bersih saat mandi atau membersihkan diri.
  2. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.
  3. Mengonsumsi makanan bersih dan sehat, seperti buah dan sayur.
  4. Menggunakan toilet untuk buang air kecil/besar dan menjaga kebersihannya.
  5. Menjaga kebersihan diri dengan mandi, memotong kuku dan menyikat gigi dua kali sehari.
  6. Olahraga secara rutin.
  7. Memberantas jentik nyamuk.
  8. Membuang sampah pada tempatnya.
  9. Menghindari dan tidak mengonsumsi narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
  10. Menghentikan kebiasaan merokok.

Manfaat Perilaku Hidup Bersih Sehat

Apa manfaat yang anda dapatkan dengan rutin menerapkan PHBS? Berikut uraiannya:
1. Mendukung produktivitas
Manfaat pertama Perilaku Hidup Bersih Sehat ialah mendukung produktivitas. Kondisi tubuh yang sehat dan lingkungan yang bersih dinilai bisa mendukung kelancaran aktivitas yang anda lakukan sehari-hari, seperti proses belajar mengajar, bekerja, dan lainnya. Disamping itu, anda juga menjadi lebih nyaman dan bersemangat dalam beraktivitas.

2. Mencegah penyakit infeksi
Tujuan utama dari PBHS adalah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Nah, dengan membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat, maka anda akan terhindar dari berbagai macam virus, jamur, bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan penyakit infeksi.

3. Melestarikan kebersihan lingkungan sekitar
Keadaan lingkungan yang asri, hijau dan bersih pastinya nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Oleh sebab itu, setiap orang harus menerapkan kebiasaan PHBS demi menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Contoh Perilaku Hidup Bersih Sehat

Dibawah ini contoh-contoh PHBS yang harus anda terapkan mulai dari sekarang:
1. Selalu menggunakan air bersih
Air termasuk dalam kebutuhan yang vital bagi manusia. Hal ini dikarenakan semua kebutuhan dapur seperti minum, mencuci pakaian, mandi dan lain sebagainya pasti membutuhkan air bersih. Penggunaan air yang bersih ini akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit, misal kolera, disentri dan diare. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan sumber dan kondisi air yang anda gunakan setiap harinya.

2. Menjaga kebersihan lemari pendingin
Contoh Perilaku Hidup Bersih Sehat selanjutnya adalah menjaga kebersihan lemari pendingin. Tahukah anda bahwa kulkas yang kotor bisa menjadi tempat untuk perkembangbiakan bakteri merugikan, seperti Listeria, E. coli dan Salmonella? Sebuah penelitian menemukan, di dalam laci penyimpanan sayur di kulkas mengandung rata-rata 7850 unit bakteri per cm2.