Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Saat Berpuasa

Iklan Semua Halaman

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Saat Berpuasa

Sabtu, 01 Juni 2019
dokpedia - tips menjaga kesehatan dan kebugaran saat berpuasa

Puasa bukan menjadi alasan Anda untuk bermalas - malasan. Sebaliknya, meski Anda tidak makan dan minum seharian karena puasa, Anda tidak boleh melupakan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap dapat aktif beraktivitas setiap hari. Berikut ini adalah beberapa tips tetap sehat dan bugar selama puasa yang dapat Anda lakukan, antara lain :

1. Penuhi asupan gizi harian yang dibutuhkan tubuh
Saat berpuasa, Anda memiliki frekuensi waktu makan yang jauh lebih sedikit. Bila pada waktu biasa Anda makan 3 kali dalam sehari, saat berpuasa Anda hanya dapat makan pada saat berbuka hingga sahur. Oleh karena itu, agar badan tetap sehat dan bugar, salah satu tips penting yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan bahwa asupan gizi harian tubuh Anda terpenuhi.
Pada saat Anda sahur, jangan pernah melupakan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks agar membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks di antaranya : nasi merah, ubi, roti gandum dan jagung. Sementara pada saat sahur dan berbuka, lengkapi asupan gizi harian Anda dengan makan makanan yang memiliki kandungan protein, vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Selain kebutuhan nutrisi seimbang, tak ada salahnya bila Anda menambahkan konsumsi makanan probiotik seperti kimchi atau yoghurt. Makanan probiotik ini mengandung bakteri baik yang berperan penting dalam menjaga kesehatan usus dan organ pencernaan Anda.

2. Minum sesuai kebutuhan harian
Tips tetap sehat dan bugar selama puasa selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan harian dengan konsumsi air putih sesuai kebutuhan. Meski waktu konsumsi pada bulan puasa cukup terbatas, namun agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga, minum 8 gelas air putih per hari tidak boleh Anda sepelekan. Selain itu, Anda juga dapat menambah asupan cairan Anda dengan konsumsi jus buah yang juga dapat sekaligus membantu kelancaran proses pencernaan dalam tubuh Anda.

3. Hindari dan kurangi stress berlebihan
Kesehatan dan kebugaran tubuh juga berkaitan erat dengan keadaan psikologis seseorang. Agar dapat tetap bugar dan sehat selama melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, tentu Anda perlu menjaga bahwa Anda tidak mengalami stress berlebihan. Menurut salah satu penelitian, keadaan psikologi yang mengalami stress dapat berpengaruh pada kesehatan pencernaan Anda, khususnya pada bagian usus. Stress berlebihan dalam waktu yang relatif lama dapat berpengaruh dan menyebabkan peradangan pada usus dan memberikan efek pada sistem saraf parasimpatis yang bekerja mengontrol gerakan usus.

4. Jangan lupakan olahraga
Di bulan puasa, tak sedikit di antara Anda yang tak lagi menyempatkan diri untuk berolahraga karena merasa lemas dan khawatir kelelahan. Padahal, faktanya rutin berolahraga merupakan salah satu tips tetap sehat dan bugar selama puasa. Pada saat berpuasa, tak hanya asupan air dan makanan yang perlu Anda perhatikan, Anda juga perlu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan Anda dengan tetap rutin berolahraga.
Aktivitas fisik diketahui juga menjadi cara untuk membuat keadaan metabolisme dan pencernaan menjadi lebih lancar, dan dapat mengeluarkan gas berlebih yang terjebak dalam perut Anda. Olahraga rutin pun dapat membantu Anda meningkatkan fungsi organ pencernaan dan mengatur keseimbangan penyerapan di dalam usus. Karena saat berpuasa Anda memiliki keterbatasan energi, tentu pilihan olahraganya pun perlu diperhatikan, beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan secara rutin selama bulan puasa di antaranya adalah olahraga bersepeda, berjalan kaki, hingga yoga.