Tubuh Sehat dengan Berpuasa

Iklan Semua Halaman

Tubuh Sehat dengan Berpuasa

Sabtu, 11 Mei 2019
berpuasa - dokpedia

Bulan puasa menjadi momentum beribadah yang dijalankan oleh umat muslim di dunia. Selain sebagai kewajiban ibadah menahan hawa nafsu, namun bulan puasa juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Tidak hanya di bulan puasa saja, puasa secara rutin ternyata memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Bagi anda yang masih memiliki pemikiran bahwa puasa hanya sekedar kewajiban, manfaat puasa bagi kesehatan berikut mungkin akan merubah pemikiran anda :

1. Menurunkan Tekanan Darah
Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah asupan garam yang cukup tinggi. Garam merupakan salah satu bumbu makanan yang wajib ada dalam setiap masakan. Selama berpuasa, asupan makanan menjadi terbatas. Dengan demikian jumlah garam yang dikonsumsi juga terbatas. Banyak orang yang memiliki tekanan darah normal, sering mengalami masalah darah rendah pada awal-awal puasa.

2. Menekan Gula Darah
Selain menurunkan tekanan darah, salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah menurunkan gula darah. Selama berpuasa, jumlah konsumsi makanan dikurangi secara signifikan. Makanan yang biasa anda konsumsi setiap hari mengandung gula dalam jumlah cukup tinggi, seperti nasi putih. Selama menjalani ibadah puasa, kadar gula darah akan lebih stabil. Namun perlu diingat bahwa pada saat berbuka anda harus menghindari kandungan gula instan seperti gula pasir dan sirup agar gula darah anda tidak tiba-tiba melonjak dan justru menaikan gula darah anda.

3. Mengurangi Lemak Tubuh
Lemak darah dalam tubuh menjadi permasalahan kesehatan yang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat memicu banyak penyakit lain. Pada saat berpuasa, lemak tubuh akan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai cadangan energi sebab tubuh tidak mendapat asupan makanan dalam jangka waktu tertentu. Dengan berkurangnya lemak tubuh, maka resiko dari timbunan lemak ini dapat membuat tubuh semakin sehat dan terbebas dari berbagai masalah penyakit lain.

tubuh sehat dengan berpuasa - dokpedia

4. Peningkatan Regenerasi Sel
Selain membakar lemak tubuh sebagai sumber energi, bagian tubuh lain yang akan menjadi bahan bakar selama berpuasa adalah sel-sel tubuh yang rusak serta jaringan-jaringan tua yang sudah tidak berfungsi maksimal. Dengan pembakaran sel ini maka tubuh akan memicu pembentukan sel-sel baru yang lebih berguna untuk perlindungan tubuh. Seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak sel dan jaringan tubuh yang menua dan rusak. Sel-sel dan jaringan yang rusak ini bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit seperti kanker maupun penyakit saraf. Dengan berpuasa, tubuh akan melakukan pembersihan terhadap sel dan jaringan yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

5. Peningkatan Fungsi Reproduksi
Dengan regenerasi sel yang terjadi pada tubuh selama berpuasa, seluruh tubuh akan mengalami pembaharuan sel yang lebih sehat dan bermanfaat. Hal ini juga akan terjadi pada sel-sel alat reproduksi seperti indung telur dan testosteron. Tidak hanya perbaikan pada alat reproduksi, namun juga memberi perbaikan pada hormon-hormon seksual yang dihasilkan oleh organ-organ reproduksi anda.

6. Mengurangi Peradangan
Peradangan tubuh biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan banyaknya radikal bebas yang menumpuk di dalam organ tubuh. Radikal bebas biasanya masuk ke dalam tubuh secara rutin akibat makanan yang anda konsumsi setiap hari. Goreng-gorengan, gula rafinasi, susu dengan pengawet, alkohol, serta karbohidrat olahan menjadi sumber radikal bebas yang seharusnya bisa dihindari.

Dengan membatasi asupan makanan harian selama menjalani ibadah puasa, anda tentu akan mengurangi pula radikal bebas yang masuk ke tubuh. Disamping itu, kemungkinan terjadinya peradangan organ tubuh juga dapat ditekan. Banyak nya manfaat puasa bagi kesehatan ini tentu akan membuat anda berpikir dua kali tentang puasa.