Minuman Yang Menenangkan Lambung Saat Berpuasa

Iklan Semua Halaman

Minuman Yang Menenangkan Lambung Saat Berpuasa

Jumat, 17 Mei 2019
Minuman Yang Menenangkan Lambung Saat Berpuasa

Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang harus dijalani oleh umat muslim selama sebulan penuh sebelum menyambut hari raya Idul Fitri. Selama berpuasa, tubuh anda tidak akan dimasuki oleh makanan dan minuman selama lebih dari 13 jam. Pada awal-awal masa puasa, hal ini bisa mengakibatkan bermacam ketidakseimbangan pada organ-organ tubuh, terutama pencernaan. Organ yang sering bermasalah pada saat awal berpuasa adalah lambung sebab secara mendadak anda merubah rutinitas harian, sementara asam lambung yang dihasilkan masih seperti sebelumnya. Asam lambung yang berlebihan ini sering mengakibatkan banyak masalah seperti mual dan maag. Oleh karena itu, berikut ini minuman yang bisa anda konsumsi pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga kesehatan lambung di bulan puasa :

1. Air Kelapa
Air kelapa merupakan cairan yang dikenal memiliki banyak manfaat. Dibalik rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang berguna untuk meredakan masalah asam lambung. Kalium ini berfungsi menaikan ph keasaman lambung sehingga menjadi lebih basa. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi isoton alami yang mudah diserap oleh tubuh sehingga sangat disarankan sebagai minuman berbuka puasa. Untuk menjaga kesehatan lambung di bulan puasa, anda bisa mengonsumsi segelas air kelapa pada saat sahur dan berbuka. Agar anda mendapat manfaat maksimal, lebih baik anda meminum air kelapa murni tanpa campuran lain seperti gula maupun pemanis lainnya.

2. Jus Buah Rendah Asam
Banyak sekali buah-buahan yang nikmat dijadikan jus buah, terutama di bulan puasa. Kandungan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan sangat disarankan sebagai minuman berbuka puasa, sebab gula alami ini tidak akan membuat gula darah melonjak sebagaimana bila anda mengonsumsi minuman dengan pemanis seperti gula dan sirup.
Namun tidak semua buah cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Banyak buah yang memiliki kadar asam yang tinggi sehingga justru membuat lambung menjadi sakit karena peningkatan kadar keasamannya. Oleh karena itu anda bisa memilih buah-buahan yang tidak terlalu asam dan baik untuk menetralisir keasaman lambung. Pisang, mentimun, melon, dan semangka bisa menjadi pilihan terbaik untuk berbuka puasa. Kandungan alkali dan serta pada buah-buahan tersebut ampuh untuk menetralkan kondisi lambung sebelum anda mengonsumsi makanan lainnya. Jus buah tanpa gula adalah minuman terbaik yang bisa anda konsumsi di akhir waktu sahur dan yang pertama pada saat berbuka.

3. Susu Rendah Lemak
Susu pada umumnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Lemak susu ini bisa menjadi hal yang membuat asam lambung menjadi lebih bermasalah. Hal ini disebabkan karena lemak susu relatif susah dicerna oleh tubuh. Untuk mengatasi masalah lambung, susu dengan kadar lemak rendah lebih disarankan. Selain susu sapi rendah lemak, susu almond juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan lambung di bulan puasa. Susu almond mengandung alkaline yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Susu kedelai juga bisa menjadi pilihan sebab mengandung lemak yang rendah dan mampu meredakan masalah lambung.

4. Jahe
Jahe merupakan tanaman yang dikenal dengan berjuta manfaat dan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Jahe ternyata juga berguna untuk menjaga kesehatan lambung di bulan puasa. Meminum parutan jahe yang diberi air panas dan madu bisa menjadi pilihan tepat pada saat berbuka puasa. Minuman ini memberikan efek untuk mengurangi pembentukan gas akibat asam lambung dan bakteri Helicobacter pylori. Jahe juga mengandung fenol yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan membersihkan asam yang naik kekerongkongan. Anda juga bisa minum air jahe ini secara rutin pada saat sahur dan berbuka untuk menyembuhkan masalah asam lambung anda.