Ini Dia 7 Penyebab Asam Lambung Meningkat

Iklan Semua Halaman

Ini Dia 7 Penyebab Asam Lambung Meningkat

Rabu, 08 Mei 2019
asam lambung meningkat

Mag seringkali dikaitkan dengan Penyebab Asam Lambung meningkat. Padahal selain jenis penyakit tersebut asam lambung itu sendiri dapat mengalami peningkatan dengan mudah dikarenakan oleh beberapa bentuk penyebab lainnya. Hal ini seringkali terjadi dengan disertai munculnya gejala atau tanda-tanda tertentu, seperti halnya perut yang berubah menjadi kembung juga terasa panas, kemudian sendawa, dan beragam gangguan dari saluran pencernaan, termasuk diare, sembelit, atau bahkan muntah.

Beragam gejala tersebut tentunya akan membuat penderita menjadi tidak nyaman, dan untuk mengatasi masalah itu maka akan lebih baik bagi anda untuk mengetahui beragam penyebab yang dimilikinya, sehingga anda pun dapat menghindarinya dengan lebih mudah. Berikut diantaranya penyebab dari kondisi asam lambung yang meningkat itu tadi :

1. Usia
Usia menjadi salah satu faktor penyebab mengapa asam lambung meningkat dengan mudah, hal ini terjadi karena dengan bertambahnya usia yang anda miliki, maka resiko dari peningkatan asam lambung pun akan bertambah tinggi pula. Hal ini juga tidak lepas dari sistem tubuh yang tentunya semakin lama tidak dapat lagi melakukan produksi dari kadar asam lambung dengan seimbang, sehingga potensi untuk meningkatkan asam lambung pun dapat terjadi dengan mudah padanya.

2. Konsumsi makanan serta minuman
Ada beberapa jenis makanan serta minuman yang juga dikenal berpotensi meningkatkan asam lambung bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Seperti halnya jenis makanan yang digoreng atau bahkan daging dengan kadar lemak tinggi, sedangkan untuk jenis minuman umumnya terdapat pada jenis minuman bersoda, kemudian minuman dengan kadar kafein tinggi atau pun alkohol. Selain jenis makanan serta minuman tersebut, waktu makan dan minum yang tidak teratur juga dapat mempengaruhi kondisi dari asam lambung Anda.

3. Kebiasaan konsumsi rokok
Merokok dikenal sebagai kegiatan yang berbahaya, hal ini dikarenakan dapat mengganggu salah satu fungsi LES (Lower Esophageal Sphinchter) serta menyebabkan gangguan lain, seperti meningkatkan sekresi dari asam lambung, atau bahkan mengurangi produksi dari air ludah yang tentunya berperan dalam menetralkan kondisi asam yang terdapat di area mulut.

7 penyebab asam lambung meningkat - dokpedia

4. Defisiensi magnesium
Defisiensi magnesium atau kadar magnesium yang rendah dalam tubuh tentunya dapat mempengaruhi LES, yaitu bagian otot yang berfungsi untuk mencegah aliran balik dari makanan serta asam perut menuju bagian esophagus yang tidak berfungsi secara maksimal. Karena itulah kadar asam lambung pun dapat meningkat, apalagi jika anda kekurangan vitamin serta mineral tentunya keseimbangan dari asam lambung pun akan terganggu dengan lebih mudah.

5. Efek samping konsumsi obat
Dalam hal ini mengkonsumsi beberapa jenis obat yang ditujukan untuk pengobatan lainnya, seperti halnya obat asma, kemudian pereda nyeri atau bahkan obat darah tinggi justru dapat melemahkan fungsi LES, sehingga kenaikan asam lambung pun tidak dapat anda hindari.

6. Stress
Stress memang dikenal sebagai salah satu akar masalah kesehatan, pasalnya ketika hal tersebut terjadi maka area tertentu yang terdapat di bagian otak pun dapat terangsang dan meningkatkan sensitifitas akan rasa nyeri atau sakit termasuk diantaranya nyeri di bagian ulu hati. Itu sebabnya mereka yang sedang stress umumnya akan lebih sensitif dalam merasakan nyeri, meskipun pada dasarnya kondisi dari asam lambung yang dimilikinya tidak meningkat dalam jumlah banyak.

7. Masalah kesehatan
Beberapa masalah kesehatan juga dapat mempengaruhi kondisi asam lambung seperti halnya pada masalah hernia serta gastroparesis. Dalam hal ini, hiatus hernia umumnya akan membuat bagian dari atas lambung pindah menuju bagian atas diafragma, sehingga ia pun akan melemahkan LES. Sementara pada gastroparesis, umumnya otot perut menjadi tidak dapat bekerja dengan lebih optimal, hal ini jelas menjadikan lambung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengosongkan setiap bagian isi yang dimilikinya.

Demikianlah kiranya beberapa bentuk Penyebab Asam Lambung meningkat yang seringkali terjadi.