Ilmu Gizi Ternyata Penting Dimiliki Oleh Semua Orang

Iklan Semua Halaman

Ilmu Gizi Ternyata Penting Dimiliki Oleh Semua Orang

Sabtu, 29 September 2018

Apa yang Anda tahu mengenai gizi? Yang Anda tahu mungkin gizi berkaitan erat dengan kesehatan tubuh manusia. Bahkan, dari pengertian tersebut masih banyak orang yang tidak terlalu memikirkan dengan baik asupan gizi dari makanan sehari-hari.

Ilmu gizi perlu dimiliki oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan masing-masing. Meskipun pengetahuan terkait gizi tidak sedalam pengetahuan para ahli gizi, yang terpenting Anda bisa mencegah tubuh terkena penyakit. Apa saja yang harus Anda ketahui terkait ilmu gizi untuk diri sendiri? Berikut ini kenali lebih dekat mengenai gizi.

Mengenal Dekat Apa Itu Gizi
Gizi merupakan sebutan lain dari makanan yang berasal dari bahasa Mesir. Dalam bahasa Indonesia, gizi bisa disebut sebagai Nutrisi. Yaitu, sesuatu yang dapat mempengaruhi proses perubahan makanan yang masuk dalam tubuh. Berbicara mengenai gizi, ternyata bukan hanya tentang makanan saja. Namun juga, bagaimana cara agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dengan melakukan olahan, pertimbangan, dan proses perolehan.

Jika Anda sudah mengetahui apa itu gizi, selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah zat gizi apa saja yang terkandung pada masing-masing makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Dengan mengetahui gizi pada makanan, Anda bisa menentukan makanan apa saja yang harus masuk ke dalam tubuh dan harus Anda hindari agar tidak menjadi sumber penyakit. Ada banyak macam-macam zat gizi yang ternyata terkandung pada makanan keseharian Anda.

macam-macam zat gizi

Berbagai Macam Zat Gizi
Berapa macam zat gizi yang Anda ketahui? Zat gizi terbagi menjadi 6 macam. Diantaranya:
  • Karbohidrat. Merupakan salah satu kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Di Indonesia, zat karbohidrat ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan macam-macam gizi lainnya. Makanan keseharian seperti nasi, kentang, dan roti menjadi sumber karbohidrat yang masih dikonsumsi sampai sekarang.

  • Lemak. Lemak terdiri dari 2 macam sumber yaitu, lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani bisa Anda dapatkan dari daging, susu, keju, dan lainnya. Sedangkan, lemak nabati bisa Anda dapatkan dari margarine, minyak kelapa, dan lainnya.

  • Protein. Sama seperti lemak, protein juga terbagi menjadi 2 macam yaitu, protein hewani dan protein nabati. Protein hewani terdiri dari keju, telur, ikan, dan lainnya. Sedangkan, protein nabati terdiri dari tempe, tahu, kacang polong, kacang-kacangan, dan lainnya.

  • Vitamin. Vitamin menjadi salah satu komponen gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dari keberadaan vitamin di dalam tubuh adalah memberikan energi agar tidak lesu dan juga memperlancar proses metabolisme pada tubuh. Anda bisa mendapatkan banyak vitamin dari mengonsumsi berbagai macam buah-buahan dan sayur-sayuran. Kekurangan vitamin dalam tubuh menyebabkan fungsi tubuh berkurang dan tidak efektif dalam bekerja.

  • Air. Air juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, kebutuhan air setiap hari diwajibkan bagi semua orang sekitar 8 gelas sehari. Fungsi dari mengonsumsi air adalah mengangkut sisa-sisa pembakaran tubuh dan membantu pencernaan tubuh.

  • Mineral. Hampir sama seperti vitamin, tubuh membutuhkan sedikit mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Berbagai macam mineral sangat diperlukan tubuh dan memiliki sistem kerja yang saling bergantung satu sama lain.
Penuhi tubuh Anda dengan gizi yang seimbang sesuai dengan ilmu gizi yang dipelajari. Jangan sampai tubuh Anda kekurangan gizi yang dapat menimbulkan penyakit. Terpenuhinya gizi memberikan kesehatan dalam jangka yang panjang.