Tetap Sehat : Olahraga Yang Bisa Dilakukan Selama Puasa

Iklan Semua Halaman

Tetap Sehat : Olahraga Yang Bisa Dilakukan Selama Puasa

Selasa, 14 Mei 2019
olahraga selama puasa - dokpedia

Ibadah puasa merupakan momentum mempersiapkan diri memasuki hari raya Idul Fitri. Menjalankan puasa menjadi sebuah tantangan bagi umat muslim di tengah rutinitas harian yang terus harus berjalan. Bulan puasa juga tidak seharusnya menjadi penghalang anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Karena keterbatasan asupan makan dan minuman, energi tubuh juga menjadi terbatasi. Namun anda masih bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan di bulan puasa. Berikut ini olahraga ringan yang bisa tetap anda lakukan selama puasa :

1. Jalan Kaki
Dengan tenaga dan aktivitas terbatas, jalan kaki bisa menjadi alternatif olahraga yang ringan dan murah. Banyak ahli kesehatan menyarankan agar manusia berjalan 10 ribu langkah setiap hari, padahal saat ini banyak kegiatan atau pekerjaan yang mengurangi kebutuhan aktivitas fisik. Tidak ada salahnya anda secara rutin berjalan kaki mengelilingi kompleks tempat tinggal anda menjelang waktu berbuka. Jalan kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang tidak membutuhkan banyak energi dan keringat yang membuat anda cepat lelah. Selain murah, jalan kaki juga menjadi sarana anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Berjalan kaki bisa membakar kalori, menjaga kesehatan tulang, serta mempertahankan fungsi jantung.

2. Jogging
Hampir mirip dengan berjalan kaki, namun jogging akan membakar kalori dan membutuhkan energi yang lebih banyak. Anda bisa melakukan jogging 15-30 menit sebelum waktu berbuka. Jogging bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi kardiovaskuler tubuh anda. Selain itu jogging juga akan membantu mempertahankan kekuatan otot tubuh anda, terutama otot kaki. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa melakukan jogging dengan alat treadmill.

olaharaga yang bisa dilakukan selama puasa - dokpedia

3. Bersepeda
Bersepeda juga menjadi aktivitas yang menyehatkan namun tidak membutuhkan banyak energi. Bersepeda akan menggerakan seluruh bagian tubuh, terutama untuk melatih kekuatan kaki serta keseimbangan. Selain menjaga kesehatan selama berpuasa, bersepeda juga bisa menjadi sarana melepaskan stress tubuh yang menumpuk. Bersepeda secara teratur setiap hari menjelang waktu berbuka puasa akan membuat tubuh anda tetap segar dan bugar.

4. Yoga
Yoga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa yang efektif. Anda bisa memilih gerakan-gerakan yoga yang ringan dan tidak memakan banyak energi. Gerakan-gerakan yoga untuk pernafasan dan perbaikan postur tubuh adalah pilihan terbaik yang bisa anda lakukan selama berpuasa. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena fungsi kardiovaskuler yang berjalan dengan lancar, yoga juga bisa memberikan manfaat untuk menenangkan tubuh.

5. Aerobik
Olahraga yang menyenangkan dengan penghantar musik seperti zumba dan aerobik bisa menjadi pilihan tepat menjelang waktu berbuka. Gerakan-gerakan dari zumba maupun aerobik cukup ringan dan menyenangkan. Melakukan aerobik dan zumba selama 30 menit sehari dapat membakar kalori hingga 350 kalori. Aerobik dan zumba akan menghasilkan keringat yang cukup banyak, namun ini adalah hal yang positif karena akan meluruhkan racun-racun tubuh. Dengan melakukan olahraga ini menjelang waktu berbuka, maka anda bisa segera mengganti cairan tubuh yang anda keluarkan selama berolahraga.

Meskipun selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan energi dari makanan, hal ini bukan berarti anda tidak bisa berolahraga. Olahraga tidak harus melakukan berbagai kegiatan fisik berat, namun gerakan-gerakan ringan untuk menjaga kondisi tubuh bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan menjelang waktu berbuka. Keringat yang dikeluarkan tubuh selama olahraga juga menjadi cara tubuh untuk mendetox racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda.