Perkembangan dan Peningkatan Penyakit Diabetes Hingga Saat Ini

Iklan Semua Halaman

Perkembangan dan Peningkatan Penyakit Diabetes Hingga Saat Ini

Kamis, 20 Juni 2019
dokpedia - Perkembangan dan Peningkatan Penyakit Diabetes Hingga Saat Ini

Tahukah anda, penyakit diabetes saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan menurut data yang diperoleh WHO sebagai badan kesehatan dunia, 1 dari 11 orang menderita penyakit diabetes. Peningkatan penyakit diabetes yang terus terjadi hingga empat kali lipat dari jumlah angka penderita tahun 1980. Tidak hanya itu data WHO juga menyebutkan bahwa ada sekitar 3.7 juta kematian tiap tahun yang terjadi akibat peningkatan gula darah atau diabetes.

Negara Indonesia juga merasakan dampak yang cukup serius atas penyakit diabetes ini. Bahkan hasil survey pada tahun 2014 cukup mencengangkan yakni penyakit diabetes menjadi pembunuh ketiga di Indonesia. Dan tidak hanya itu berdasarkan jumlah data pasien yang menderita penyakit diabetes ini Indonesia menempati posisi ketujuh di dunia sebagai negara yang banyak pasiennya.

Penyakit diabetes disebut-sebut sebagai induk dari semua penyakit. Kenapa? Karena penyakit diabetes mampu menyebabkan komplikasi penyakit antara lain seperti ginjal, mata, syaraf, stroke dan berbagai penyakit lainnya. Perkembangan penyakit diabetes dari tahun ke tahun semakin menjadi permasalahan serius bagi dunia tidak hanya Indonesia.

WHO bahkan memperkirakan peningkatan penyakit diabetes tipe-2 di Indonesia akan meningkat sangat drastis pada tahun 2030 mendatang, diprediksi mencapai angka 21.3 juta jiwa. Jumlah yang sangat mencengangkan bukan? Jangan-jangan kita adalah salah satu diantara jumlah itu. Oleh karena itu sangat penting bagi kita menghindari dan mencegah perkembangan penyakit ini.

Pada awalnya diketahui penyakit diabetes kebanyakan menyerang orang tua atau lansia. Namun akibat gaya dan pola hidup masyarakat zaman sekarang yang malas bergerak dan malah menyukai segala sesuatu yang instan, maka usia penderita diabetes menyerang kalangan usia muda.

Faktor penyebab terserang penyakit diabetes
Diabetes dasarnya dipicu oleh gaya hidup yang salah dan masalah kesehatan lainnya. Faktor kesehatan seseorang mungkin memang mempengaruhi, akan tetapi pola hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama. Berikut beberapa faktor yang akan menyebabkan terserang penyakit diabetes, antara lain:
Masih banyak lagi faktor lainnya yang menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Oleh karena itu sangat penting bagi anda yang telah didiagnosis sebagai pasien diabetes agar menjaga makanan yang masuk dalam tubuh. Konsumsi makanan yang rendah kalori dan rendah gula, selain itu rajin berolahraga agar tubuh selalu sehat.

Mencegah penyakit diabetes
Meskipun diabetes adalah penyakit yang sangat umum bahkan banyak penderitanya, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah atau dihindari. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mencegah terserang diabetes.

1. Lakukan olahraga yang teratur dan rajin bergerak jangan biasakan diri anda malas.
2. Sebaiknya mulai ikuti program diet yang rendah kalori dan juga bebas lemak.
3. Kurangi karbohidrat.
4. Kontrol konsumsi makanan atau minuman olahan, karena mengandung gula yang tinggi.

Pada beberapa negara bahkan menerapkan program guna mencegah peningkatan penyakit diabetes yakni salah satunya dengan menurunkan berat badan. Menurut hasil penelitian pakar kesehatan melakukan diet dan menurunkan berat badan 5-7 persen mampu memperlambat diabetes berkembang. Selain menjaga pola hidup dan memperhatikan asupan makanan, anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan konsumsi obat-obatan untuk pasien diabetes. Mungkin mencegah serangan diabetes tidak bisa dilakukan 100% akan namun dengan mengikuti beberapa saran tadi mungkin akan membantu pencegahan terjadi komplikasi.