Pola Makan Sehat yang Wajib Jadi Perhatian Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Iklan Semua Halaman

Pola Makan Sehat yang Wajib Jadi Perhatian Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Rabu, 17 April 2019

Pola makan sehat dan benar bagi penderita penyakit diabetes melitus merupakan salah satu hal yang sangat penting. Kenapa? Karena penderita diabetes harus sangat menjaga gula darah dalam tubuh agar terus normal. Sama-sama kita ketahui penderita penyakit diabetes memang tidak dapat leluasa dalam hal konsumsi makanan. Jika pasien diabetes mengkonsumsi sembarang makanan tanpa memperhatikan asupannya, maka akan sangat fatal akibatnya yakni memicu kadar gula darah meningkat.

Tahukah anda saat kadar gula darah dalam tubuh pasien diabetes melitus meningkat, maka akan menimbulkan berbagai resiko. Resiko yang mungkin akan terjadi antara lain yakni kelelahan, pusing, penyakit jantung, syaraf rusak, kerusakan ginjal, dan masalah pada mata. Selain itu penderita akan sangat rentan terinfeksi saat luka dan juga dapat beresiko hilang kesadaran hingga mengalami koma.

Makanan yang baik dan sangat dianjurkan bagi penderita diabetes melitus

Tidak hanya dengan melakukan pengobatan secara rutin, akan tetapi pola makan sehat dan benar juga mesti diperhatikan sekali. Terapi nutrisi medis, sebutan untuk pengaturan pola makan khusus bagi penderita diabetes melitus. Terapi ini menganjurkan dan mengarahkan pasien diabetes mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Serta juga mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan rendah kalori, tujuannya ialah untuk mengontrol kadar gula darah.

Nah, beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus antara lain yakni sebagai berikut.

Nasi Merah
Tipe masyarakat Indonesia ialah belum merasa makan kalau belum makan nasi. Namun penting untuk pasien diabetes selalu ingat bahwa nasi putih mempunyai kadar gula yang sangat tinggi. Jadi bagaimana solusinya? Pasien diabetes tetap bisa konsumsi nasi, akan tetapi nasi diganti menjadi nasi merah. Nasi merah ini memiliki kadar gula yang sangat rendah dan kalau dari segi rasanya juga tetap enak. Tidak salah jika mereka yang menjalani pola hidup sehat mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah yang jauh lebih sehat.

Bayam
Seorang peneliti dan pakar kesehatan pernah menyampaikan bahwa sayur bayam memiliki kandungan lutein yang sangat cocok untuk pasien diabetes. Terlebih diabetes yang sudah menyerang bagian mata pasien, maka konsumsi sayur bayam adalah salah satu solusinya.

makanan sehat diabetes - dokpedia

Ikan Laut
Tidak ada larangan bagi penderita penyakit diabetes melitus jika ingin mengkonsumsi ikan. Tidak jauh berbeda dengan daging, cara pengolahannya bisa diganti seperti dikukus atau dipanggang. Nah, ikan yang dikonsumsi sebaiknya ikan yang mempunyai kandungan omega 3, contohnya ikan tuna dan sarden serta ikan laut lain yang mengandung omega 3. Anda bisa menghindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, contohnya ikan tongkol.

Brokoli
Tidak hanya bayam sayur brokoli juga baik dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan sulforaphane dalam brokoli diketahui mampu memperbaiki serta memberi perlindungan pada dinding pembuluh darah yang rusak akibat diabetes.

Makanan yang wajib dihindari penderita diabetes melitus

Seperti tadi disebutkan diatas, hindari konsumsi nasi putih karena terlalu tinggi kadar gulanya. Tidak hanya nasi putih saja ada beberapa makanan lainnya yang harus dihindari oleh penderita diabetes agar pola makan sehat dan benar tersebut terwujud agar gula darah selalu dalam kondisi normal.
  • Roti tawar.
  • Makanan-makanan yang dibuat dari tepung terigu.
  • Berbagai sayuran yang dimasak dengan menambahkan keju, mentega, garam atau saus dalam jumlah yang banyak.
  • Buahan kaleng atau kemasan yang mempunyai kandungan gula tinggi.
  • Daging berlemak.
  • Susu yang tinggi lemak.
  • Segala makanan yang digoreng. Contohnya ikan goreng, ayam goreng, kentang goreng dan lain-lain. 
  • Kulit ayam.