7 Hal Penting Dalam Pencegahan Diabetes

Iklan Semua Halaman

7 Hal Penting Dalam Pencegahan Diabetes

Selasa, 30 April 2019
7 hal pencegahan diabetes - dokpedia

Gaya hidup sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia menjadi salah satu faktor pemicu tingginya pasien penderita penyakit diabetes. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa diabetes itu adalah penyakit yang diderita oleh orang tua, sehingga mereka mengabaikan saran dalam pencegahan diabetes sejak dini. Menurut data yang didapatkan dari WHO bahwa 1.5 juta orang meninggal dunia akibat menderita penyakit diabetes ini. kenapa? Gaya hidup yang salah menjadi faktor penyebab terserang diabetes, padahal jika saja kita mau menerapkan pola hidup yang sehat bisa dikatakan 80% penyakit diabetes dicegah dengan sangat baik.

Banyaknya masyarakat yang menyepelekan penyakit ini yang akhirnya menyebabkan banyak sekali penderita diabetes yang usianya kurang dari 40 tahun. Sebelum mengetahui cara mencegah diabetes ini kita wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu diabetes? Diabetes adalah suatu penyakit yang terjadi sangat lama yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi, bisa dikatakan diatas normal.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk pencegahan diabetes ini? Berikut kami bagikan beberapa langkah dalam mencegah penyakit diabetes sebelum terlambat. Yuk simak.

1). Hindari Makan yang Berlemak
Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti junk food atau gorengan yang anda beli di pinggir jalan ternyata mengandung lemak jenuh. Nah, lemak jenuh ini diketahui yang akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh menumpuk yang nanti akan kadar gula darah yang ada dalam tubuh manusia. Jika anda ingin menghindari terserang penyakit diabetes, pastikan untuk menghindari junk food dan makanan berlemak lainnya.

2). Olahraga
Melakukan olahraga setiap hari baik itu pagi atau sore hari sangat membantu badan agar tetap sehat. Tidak hanya itu rajin berolahraga juga dapat menurunkan kadar gula darah dan bisa meningkatkan meningkatkan sensitivitas insulin. Para ahli kesehatan bahkan menyebutkan olahraga selama 30 menit setiap harinya agar gula darah dalam tubuh anda menjadi normal.

3). Ingat, Jangan Lupa Sarapan
Tahukah anda bahwa sarapan adalah salah satu pencegahan diabetes yang paling penting untuk diingat dan jangan sampai anda melewatkan sarapan. Mengkonsumsi makanan yang sehat saat sarapan dapat membantu menjaga nafsu makan dan tentu saja dapat mengontrol kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

pencegahan diabetes - dokpedia

4). Konsumsi Sayuran
Kebanyakan orang tentu sangat menyukai daging karena rasanya yang enak, akan tetapi harus diingat jangan mengkonsumsinya setiap hari. Mengapa? Karena terlalu banyak makan daging dapat memicu penyakit diabetes. Sebagai gantinya selingi dengan banyak makan sayur-sayuran setiap hari, karena sayur tersebut diketahui mampu mencegah diabetes.

5). Jangan Stres Berlebihan
Maksudnya jangan stres adalah kendalikan stres yang anda hadapi. Karena diketahui stres yang terlalu berlebihan akan membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Bagaimana mengatasi stres? Anda bisa melakukan kegiatan seperti yoga, latihan pernapasan hingga melakukan meditasi.

6). Hindari Konsumsi Minuman Manis
Ada baiknya jika anda benar-benar ingin mencegah penyakit diabetes, maka jauhi minuman yang terlalu manis. Seperti soda dan minuman ringan lainnya yang mengandung perasa terlalu tinggi. Minuman-minuman tersebut malah memicu kadar gula darah terus meningkat.

7). Tidur yang Nyenyak
Pencegahan diabetes yang selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah setidaknya anda harus tidur 6 jam saat malam hari. Karena saat anda kurang tidur maka hormon kortisol menjadi meningkat yang dampaknya mempengaruhi insulin dan kadar gula darah dalam tubuh anda. Tidak cukup tidur juga malah menyebabkan nafsu makan anda semakin meningkat.