Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Kamis, 01 September 2016

Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh

serat, sayuran dan buah

Sebagai bahan makanan kaya gizi, sayuran dan buah-buahan adalah sumber utama serat mikro yang sangat diperlukan dalam pencernaan manusia. Selain memperlancar gerakan usus (peristaltik), keberadaan serat mikro pun sangat membantu proses metabolisme kolesterol dan lemak tubuh lainnya.

Kolesterol, trigliserida, dan asam lemak jenuh yang beredar dalam jaringan pembuluh darah, apabila konsentrasi atau kadarnya terlalu tinggi, dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti: aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah), sumbatan pembuluh darah jantung (koroner), dan stroke (penyempitan atau pecahnya pembuluh darah di otak).

Serat akan mengikat garam empedu yang dikeluarkan usus dua belas jari, kemudian diserap kembali dalam suatu siklus penyerapan. Garam empedu yang diikat serat dari sayuran dan buah-buahan akan terbuang bersama kotoran (feses). Karena garam empedu yang berperan penting dalam proses pengolahan dan pengangkutan lemak menjadi berkurang, tubuh pun akan segera melakukan proses pembuatan (sintesis) kembali. Bahan baku pembuatan garam empedu ini diambil dari kolesterol.

Dengan demikian, orang yang rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur akan memiliki kadar lemak darah yang stabil.

menu sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar