• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

    musim hujan - dokpedia
    Tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat terlebih ketika mendekati musim penghujan yang identik dengan tubuh yang lebih rentan terserang penyakit.

    Musim Hujan Tiba, Waktunya Perkuat Daya Tahan Tubuh

    Mungkin banyak yang mengabaikan tentang tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan karena merasa tubuhnya kuat sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Terlebih ketika memasuki musim penghujan dimana suhu dan kelembaban udara berubah sehingga tubuh yang sistem imunnya rendah, biasanya akan mudah drop.

    Beberapa jenis penyakit yang sering kali muncul saat perubahan musim atau disebut juga dengan musim pancaroba adalah dimana bisa dengan mudah membuat imun menurun. Terutama bagi mereka yang kurang menjaga daya tahan tubuh sehingga akan dengan mudah terserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang umum terjadi saat musim hujan adalah flu (demam, batuk, pilek), demam berdarah, masuk angin dan penyakit pada kulit.

    Namun beberapa jenis penyakit yang telah disebutkan di atas tidak menutup kemungkinan akan berkembang menjadi sebuah penyakit yang lebih parah jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Untuk itulah sangat disarankan bagi masyarakat untuk menerapkan tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan agar imun tubuh kuat sehingga tidak rentan terserang berbagai macam penyakit.

    Jaga Imun Tubuh Dengan Cara Berikut Ini!

    Bagi anda yang masih belum tahu apa sajakah tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan berikut ini adalah beberapa diantaranya:

    Menjaga Pola Makan
    Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan menjaga pola makan. Sebisa mungkin anda harus mengutamakan menu makanan sehat seperti buah, sayur, protein serta membatasi konsumsi makanan yang sekiranya tidak sehat bagi tubuh. Anda juga harus mengatur pola makan dan makan secara teratur sesuai kebutuhan tubuh masing – masing.

    Menjaga Pola Tidur
    Istirahat adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh semua orang. Setelah seharian disibukkan dengan berbagai macam rutinitas, maka ketika malam hari tentunya anda harus istirahat. Penuhi kebutuhan tidur setidaknya 7 – 8 jam per hari agar tubuh mendapatkan waktu untuk beristirahat serta bisa meregenerasi sel – sel tubuh ketika anda tidur.

    Menjaga Kebersihan
    Di musim penghujan kebersihan juga harus diutamakan. Biasakan untuk mencuci tangan pada air mengalir sebelum menyentuh makanan apapun. Serta cuci kaki atau mandi jika kebetulan anda kehujanan. Hal ini penting karena dengan menerapkan kebersihan dalam segala aspek maka bisa mencegah masuknya kuman, virus maupun bakteri ke dalam tubuh

    Bila Perlu Minum Vitamin
    Jika memang diperlukan, konsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sediakan pula obat – obatan umum seperti obat turun panas serta obat pereda nyeri sebagai pertolongan pertama ketika anda mendadak sakit.

    Gunakan Pakaian Hangat Ketika Bepergian
    Cuaca yang dingin akibat musim hujan tidak jarang membuat beberapa orang masuk angin. Sehingga untuk mencegahnya anda bisa membawa jaket jika bepergian. Sehingga ketika mendadak hujan, anda bisa mengenakan jaket tersebut untuk menghangatkan tubuh.

    tips menjaga daya tahan tubuh - dokpedia

    Sebenarnya masih banyak tips – tips lain yang bisa diterapkan. Dan mungkin saja setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Namun beberapa tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan merupakan tips mendasar yang setidaknya bisa membantu anda dalam memperkuat daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.
    #daya tahan tubuh#hujan#imunitas#kesehatan
    12 November 2020 Last Updated 2020-11-12T03:40:17Z
    Komentar

    Tampilkan