Manfaat Tidur Bagi Tubuh

Iklan Semua Halaman

Manfaat Tidur Bagi Tubuh

Senin, 29 Agustus 2016
manfaat tidur

Tidur merupakan suatu hal penting yang esensial dalam mereset ulang tubuh kita. Tubuh mengalami serangkaian proses recharge dengan mempekerjakan serangkaian hormon-hormon tertentu. Tubuh kita memiliki ritme yang teratur dalam mengatur proses biologis yang berlangsung dalam 24 jam. Ritme ini dinamakan circadian rhytm (ritme sirkadian), yang dikontrol oleh serangkaian jam biologis yang terjadi pada tubuh.

irama sirkadian

Oleh karena itu, tidur bukan sekedar membaringkan tubuh, memejamkan mata, dan merehatkan pikiran. Kita pun bisa mendapatkan banyak manfaat dari tidur, termasuk untuk menjaga kesehatan otak. Betapa tidak, ketika kita tidur, otak berkesempatan untuk beristirahat dan memperbaiki sel-selnya yang rusak. Dengan demikian, otak dapat menyusun kembali memori kita. Selain sel-sel otak, sel-sel otot tubuh pun mengalami regenerasi sel saat tidur sehingga penyembuhan cedera berlangsung lebih cepat. Tidur pun merupakan sebuah mekanisme bagi tubuh untuk menghemat energi. Pada saat tidur, tubuh mengosumsi energi lebih sedikit dibandingkan saat terjaga. 

Para peneliti menemukan pula bahwa tidur dapat menurunkan tekanan darah 20-30% dan mengurangi denyut jantung 10-20%. Sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dengan demikian bisa beristirahat dengan bekerja seminimal mungkin. Ketika kita tidur, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon, antara lain hormon melatonin yang bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, menimbulkan rileksasi otot, dan mengatur mood, serta hormon somatropin yang penting untuk regenerasi sel dan menghambat proses penuaan.
hormon pada waktu tidur