Cara Jitu Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

Iklan Semua Halaman

Cara Jitu Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

Kamis, 30 Mei 2019
dokpedia - cara jitu mencegah perut kembung saat puasa

Merasa lapar saat berpuasa tentu menjadi hal yang wajar. Namun bila saat berpuasa Anda mengalami perut kembung, hal ini bukan tidak mungkin dapat mengganggu kelancaran ibadah Anda. Lalu bagaimana cara mencegah perut kembung saat puasa? Bagi Anda yang sering mengalami masalah ini, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini agar ibadah puasa Ramadhan Anda tetap lancar:

1. Cobalah untuk mengurangi asupan garam
Saat berpuasa, beberapa orang terkadang memilih untuk membeli makanan jadi, daripada memasak makanan sahur atau berbuka sendiri di rumah. Namun, saat Anda memilih membeli makanan jadi di luar, tentu Anda tidak mengetahui berbagai takaran bumbunya, khususnya mengenai jumlah asupan garam yang digunakan. Kandungan garam berlebih pada makanan dapat menimbulkan efek buruk pada organ pencernaan Anda, salah satunya adalah menjadi pemicu perut kembung dan menyebabkan dehidrasi selama berpuasa. Jadi, agar kondisi tubuh tetap bugar dan tidak mengalami masalah pencernaan selama puasa, Anda perlu untuk membatasi asupan garam dalam makanan.

2. Memenuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh
Saat berpuasa, kebutuhan cairan Anda biasanya justru lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan air dalam tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari keluhan perut kembung. Asupan air perhari adalah sekitar 8 gelas. Pada saat berpuasa, Anda harus pandai - pandai mengatur jadwal konsumsi air putih agar kebutuhan asupan air Anda dapat terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah dengan meminum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air di malam hari, dan 2 gelas air saat Anda sahur, sehingga kemungkinan perut kembung akibat dehidrasi dapat dihindari.

3. Menghindari makanan - makanan dengan lemak berlebihan
Perut yang kembung merupakan salah satu tanda bila ada di antara makanan yang Anda konsumsi yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Salah satu cara mencegah perut kembung saat puasa adalah dengan menghindari makanan yang mengandung pengawet, MSG, dan kandungan lemak dan minyak yang berlebih, seperti minuman bersoda, mie instan, dan gorengan yang memiliki kadar lemak tinggi. Makanan - makanan ini merupakan beberapa makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga dapat meningkatkan asam lambung dan memicu terjadinya gangguan pencernaan, termasuk perut kembung.

4. Menghindari makanan dan minuman dengan kandungan fosfat dan gas
Cara mudah agar pencernaan Anda tetap dalam kondisi prima selama berpuasa adalah dengan memilah dengan baik makanan yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka. Agar perut Anda tak mengalami masalah kembung, sebaiknya saat sahur dan berbuka Anda menghindari konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung fosfat dan gas. Beberapa makanan yang diketahui banyak memiliki kandungan fosfat dan gas, di antaranya: ubi, sawi, brokoli, nangka, minuman bersoda, dan sebagainya.

5. Makan sewajarnya saat berbuka puasa
Berbuka puasa saat telah berpuasa seharian terkadang membuat Anda kalap dengan memakan berbagai macam makanan dalam porsi besar dengan cepat saat berbuka puasa. Namun perlu Anda pahami, hal ini merupakan cara yang salah dan berisiko membuat organ pencernaan Anda bermasalah. Cara mencegah perut kembung saat puasa yang paling mudah adalah dengan mengatur asupan makanan Anda saat berbuka. Sebaiknya Anda tetap mengontrol diri dengan berbuka sedikit demi sedikit agar lambung Anda tidak kaget setelah menahan haus dan lapar dalam waktu lebih dari 12 jam.