Ini Dia 7 Jenis Makanan & Minuman Penyebab Hipertensi

Iklan Semua Halaman

Ini Dia 7 Jenis Makanan & Minuman Penyebab Hipertensi

Rabu, 08 Mei 2019
makanan-minuman-penyebab-hipertensi

Ada banyak jenis makanan & minuman penyebab hipertensi yang tentunya wajib untuk anda hindari. Karena seperti yang anda ketahui, hipertensi sendiri termasuk dalam salah satu jenis masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi di lingkungan masyarakat dan memiliki tingkat bahaya yang besar pula. Itulah sebabnya, masalah tersebut salah satu diantaranya terjadi karena konsumsi makanan serta minuman yang salah, maka penting bagi anda untuk menghindari beragam jenis makanan serta minuman tersebut. Ingin tahu mengenai jenis makanan serta minuman tersebut? Simaklah penjelasan berikut ini :

1. Jenis makanan olahan serta makanan kaleng
Beragam jenis makanan olahan serta makanan kaleng dikenal dengan kadar garam tinggi. Hal ini terbukti melalui keberadaan natrium di dalamnya yang digunakan sebagai bahan pengawet sehingga jenis makanan tersebut pun dapat disimpan dalam waktu lama. Namun konsumsi jenis makanan tersebut dalam jumlah banyak tentunya dapat membuat tekanan darah tinggi anda meningkat dengan mudah.

2. Fast food
Fast food seperti halnya ayam goreng, kemudian pizza, kentang goreng, hamburger dan juga jenis makanan lainnya juga termasuk dalam jenis makanan dengan kadar natrium tinggi. Jika dilihat dari segi rasa yang diberikan tentunya makanan tersebut jauh lebih lezat. Namun karena kandungan zat itulah jenis makanan ini menjadi berbahaya, bahkan kehadirannya pun disertai dengan lemak sehingga membuat resiko hipertensi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

dokpedia - penyebab hipertensi

3. Acar mentimun
Pickle atau acar mentimun juga dikenal sebagai jenis makanan dengan kandungan natrium tinggi. Pasalnya dalam proses pembuatannya, mentimun akan dibiarkan dalam air garam, sehingga garam yang terdapat dalam air tersebut pun akan menyerap padanya. Dengan demikian, semakin banyak garam yang diserap oleh mentimun tersebut, maka akan semakin tinggi pula kadar natrium yang dimilikinya.

4. Produk dengan kandungan tomat
Beragam jenis makanan dengan bahan tomat, seperti halnya produk dari pasta tomat, kemudian saus tomat, serta beragam jenis makanan lain dengan bumbu tomat juga dikenal dengan kandungan natrium tinggi. Beragam jenis produk makanan tersebut memang memiliki rasa yang lezat, namun penyajiannya justru dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Karena itulah bagi anda yang ingin mencegah munculnya masalah hipertensi atau bahkan ingin mengatasi masalah hipertensi yang ada, maka pastikanlah untuk mengurangi konsumsi dari produk tersebut.

5. Kulit ayam
Kulit ayam memang dikenal sebagai sajian lezat dan gurih, namun kandungan lemak jenuh serta lemak trans tinggi yang terdapat di dalamnya justru membahayakan kesehatan tubuh anda. Pasalnya kedua jenis lemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL yaitu kolesterol jahat yang membuat kondisi hipertensi berubah menjadi lebih buruk dan menyebabkan hipertensi serta penyakit lainnya muncul dengan lebih mudah.

6. Makanan / minuman dengan pemanis buatan
Asupan gula tinggi, baik itu pada jenis makanan atau minuman juga dapat meningkatkan berat badan anda dan menjadikan tekanan darah meningkat dengan lebih mudah. Pasalnya orang yang memiliki berat badan berlebih dikenal lebih beresiko untuk menderita masalah darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal.

7. Kopi dan minuman lainnya dengan kandungan kafein
Kopi dikenal sebagai salah satu jenis minuman dengan kandungan kafein tinggi. Jenis minuman tersebut tentunya berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah hipertensi atau bahkan prehipertensi, karena itulah jenis minuman dengan kandungan kafein pun sebaiknya anda hindari agar tidak mengakibatkan munculnya masalah tekanan darah tinggi.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa jenis makanan & minuman penyebab hipertensi yang wajib untuk anda hindari.