Waspadai Gejala Tipes pada Anak

Iklan Semua Halaman

Waspadai Gejala Tipes pada Anak

Minggu, 25 Agustus 2019
Waspadai Gejala Tipes pada Anak

Tipes atau demam Tifoid ialah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menular, yang bisa fatal akibatnya jika terlambat ditangani, terutama pada anak-anak dan bayi, yang daya tahan tubuhnya masih belum sekuat pada orang dewasa. Oleh karenanya sangat penting untuk waspadai gejala tipes pada anak.

Apa Penyebab Tipes pada Anak

Penyebab tipes atau demam tifoid pada anak itu sebenarnya sama dengan pada orang dewasa, yakni akibat infeksi bakteri Salmonella typhi yang hidupnya adalah di dalam air kotor atau makanan yang tercemari dan kurang higienis. Anak-anak menjadi rentan terkena tipes itu antara lain akibat kebiasaan mereka yang sering suka jajan sembarangan di tepi jalan atau di lapangan atau minum air mentah atau akibat sanitasi air minum yang buruk atau kebiasaan buruk mereka yang kurang menjaga kebersihan seperti malas cuci tangan, atau sembarangan memasukkan benda-benda ke dalam mulut dan lain sebagainya, atau bisa juga akibat tertularnya anak akibat kontak dengan penderita tipes, baik itu sesama anak-anak ataupun orang dewasa yang sedang menderita tipes.

Apa Saja Gejala Tipes Pada Anak

Penanganan tipes yang terlambat bisa berakibat sangat fatal hingga melayangnya nyawa, oleh karenanya waspadai gejala tipes pada anak sebagai berikut ini.

Demam Tinggi
Jika anak atau bayi mengalami demam tinggi, terutama jika hingga mencapai lebih dari 40 derajat Celcius dan berlangsung hingga selama 7 hari berturut-turut, atau demam naik turun, biasanya pada pagi hari akan menurun namun belum mencapai suhu tubuh yang normal, lalu di sore dan malam harinya akan naik lagi suhunya. Namun jangan tunggu sampai anak apalagi bayi demam lebih dari sehari, begitu anak demam dan bayi rewel menangis terus dengan disertai demam tinggi maka segeralah untuk dibawa ke dokter guna mendapatkan diagnosis lebih lanjut. Selalu sediakan thermometer, alat pengukur suhu tubuh di rumah. Gejala tipes ini munculnya pada anak biasanya dengan secara bertahap, yakni dalam jangka waktu 1 sampai 3 minggu setelah tubuh terinfeksi oleh bakteri, namun bisa juga dengan secara mendadak.

Sakit Perut dan Diare
Gejala lainnya selain demam tinggi gejala spesifik dari sakit tipes itu adalah alat pencernaan yang terganggu, yakni biasanya demam juga disertai dengan sakit perut, diare, dan atau sembelit.

Sakit Kepala
Anak-anak biasanya juga akan merasakan pusing, sakit kepala.

Tubuh Lemah dan Pegal-pegal
Anak akan merasa sangat lemah, mengantuk dan lelah, serta tubuh yang pegal-pegal dan tidak enak badan dan merasa tidak nyaman.

Sakit Tenggorokan
Anak juga akan merasakan sakit tenggorokan dan tidak mau makan. Kadang disertai batuk.

Bintik-bintik Merah pada Kulit
Anak bisa juga mengalami bintik-bintik merah, terutama di dada. Namun gejala ini tidak khas.

Lidah Putih
Anak juga akan memiliki tanda berupa memutihnya lidah, dengan adanya selaput di bagian tengah, lalu pada bagian pinggir lidah memerah.

Mual dan Muntah
Biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah, apalagi jika peradangan sudah menyerang hati dan limpa juga.

Itulah beberapa gejala tipes pada anak dan bayi yang patut diwaspadai dan agar segera dibawa ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan sampai terlambat, karena tipes ini bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya yang akan semakin memperparah kondisi kesehatan anak dan bayi.

Cara Pengobatan

Dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik yang harus dihabiskan dalam dosis yang berbeda-beda juga dengan jenis obatnya, sesuai dengan kondisi masing-masing anak dan bayi yang berbeda-beda usia dan juga berat badannya, kondisinya dan lain sebagainya. Bisa juga diberi obat penurun demam juga dan anak harus istirahat dengan cukup. Anak berusia di atas 2 tahun bisa juga diberi vaksinasi tipes, namun yang penting adalah untuk selalu menjaga kebersihan, cuci tangan sebelum makan, bawa bekal dan hindari jajan sembarangan, jangan minum air mentah dan cuci sayuran mentah dan buah dengan air bersih yang mengalir, dan banyak minum serta makan makanan matang yang bergizi. Segeralah bawa anak ke dokter jika gejala tipes muncul.