6 Gejala Awal Penyakit Tifus yang Sebaiknya Diwaspadai

Iklan Semua Halaman

6 Gejala Awal Penyakit Tifus yang Sebaiknya Diwaspadai

Sabtu, 15 Juni 2019
dokpedia - 6 Gejala Awal Penyakit Tifus yang Sebaiknya Diwaspadai

Beberapa orang yang telat mengenali gejala awal penyakit tifus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang memadai. Anda familier dengan nama penyakit ini? Tifus atau demam tifoid merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan infeksi bakteri bernama Salmonella typhii. Penularannya yang terbilang cepat membuat tifus disegani banyak orang.

Di Indonesia, kurang lebih 100.000 penduduk yang terjangkit tifus setiap tahun. Wajar saja bila pada akhirnya tifus dinyatakan sebagai penyakit endemik. Situasinya semakin diperparah dengan sanitasi buruk hingga akses air bersih yang masih terbatas. Anak-anak pun tak luput dari serangan penyakit ini karena kekebalan tubuhnya yang masih rentan.

Penyakit tifus yang dibiarkan dalam jangka waktu lama bakal memicu komplikasi yang mengancam nyawa. Betapa tidak? Satu dari lima orang diprediksi meninggal akibat tifus yang tak segera ditangani secepatnya.

Anda tidak mau mengalami mimpi buruk tersebut? Simak gejala awal penyakit tifus berikut ini sebelum terlambat!

1. Sakit perut, mual hingga muntah

Anak-anak maupun orang dewasa yang menderita tifus sama-sama mengalami gejala seperti sakit perut, mual, hingga muntah. Penyebabnya adalah pembengkakan yang terjadi pada hati maupun limfa. Infeksi yang terjadi di usus dua belas jari pun berpotensi menyebabkan diare. Efek lainnya adalah maag beserta sakit pada ulu hati yang membuat Anda kesulitan mencerna makanan maupun minuman.

2. Demam tinggi
Demam tinggi adalah salah satu tanda tifus yang paling sering muncul. Suhunya pun lumayan tinggi, bisa mencapai 40oC! Penderita tifus umumnya akan mengalami kenaikan suhu tubuh selama beberapa hari dan bisa dibarengi sakit kepala menyakitkan sebagai gejala awal penyakit tifus. Jangankan makan atau menjalani kegiatan sehari-hari, bangun dari tempat tidur pun Anda sulit.

3. Pegal-pegal dan nyeri otot
Tanda-tanda penyakit tifus selanjutnya adalah sensasi nyeri pada otot yang disertai pegal-pegal. Anda akan tetap merasakannya meski tidak melakukan kegiatan berat. Karena berlangsung selama penyakit menyerang, Anda biasanya akan susah tidur juga di malam hari. Jadi, bisa dibayangkan semenderita apa pasien tifus gara-gara tak bisa tenang beristirahat?

4. Lidah putih disertai tremor
Terdengar aneh? Faktanya, orang-orang yang terkena infeksi bakteri pemicu tifus akan merasakan gejala tersebut. Lidah akan berselaput lapisan putih dengan bintik-bintik kemerahan di bagian tepi. Keadaannya lebih mengganggu saat lidah tremor atau bergetar sendiri. Dalam situasi seperti ini, Anda dijamin susah saat harus minum atau menyantap makanan bertekstur lembut.

5. Kehilangan nafsu makan
Gejala awal penyakit tifus ini pasti akan Anda dialami bila menilik tanda-tanda sebelumnya. Gangguan sistem cerna hingga rongga mulut bakal menyamarkan rasa dari makanan dan minuman. Belum lagi frekuensi muntah yang cukup tinggi di hari-hari pertama. Anda pada akhirnya bakal lemah tak berdaya karena kekurangan asupan nutrisi harian.

6. Lebih mudah kebingungan
Kesehatan tubuh yang menurun drastis dari demam hingga masalah di sistem cerna ternyata akan membuat para penderita pasien mudah kebingungan. Kesulitan dalam berkonsentrasi pastinya bakal menyulitkan Anda melakukan aktivitas yang paling sederhana sekalipun. Maka dari itu, pasien yang terkena serangan tifus dianjurkan beristirahat atau malah pergi ke rumah sakit untuk tindakan lanjut.

Penanganan penyakit tifus yang cepat dan tepat bakal mencegah Anda dari komplikasi serius. Ikuti juga saran dan nasehat dokter agar gejala awal penyakit tifus yang diderita tak bertambah parah.