Pentingnya Pemberian Zinc Pada Anak Yang Diare

Iklan Semua Halaman

Pentingnya Pemberian Zinc Pada Anak Yang Diare

Kamis, 18 Agustus 2016
Zinc merupakan zat gizi mikro yang berfungsi dalam pertumbuhan sel, sebagai antioksidan, membentuk kekebalan tubuh, dan menjalankan fungsi usus. Selain itu, zinc juga meningkatkan regenerasi sel epitel usus, membantu dalam penyerapan air dan elektrolit, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pada saat diare, anak akan kehilangan zinc dalam tubuhnya. Pemberian Zinc mampu menggantikan kandungan Zinc alami tubuh yang hilang tersebut dan mempercepat penyembuhan diare. Zinc juga meningkatkan sistim kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah risiko terulangnya diare selama 2-3 bulan setelah anak sembuh dari diare.

diare pada anak

Zinc pada bayi atau anak kurang dari 6 bulan diberikan dengan dosis 10 mg/hari (1/2 tablet) selama 10 hari. Sedangkan pada anak lebih dari 6 bulan, zinc diberikan dengan dosis 20 mg/hari (1 tablet) selama 10 hari. Pemberian zinc sesuai dosis dapat menurunkan intensitas diare selanjutnya. WHO menganjurkan zinc pada diare untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi seperti diare kronis dan gizi buruk. Namun, ternyata manfaat zinc tidak hanya diperoleh saat anak mengalami diare akut (diare yang berlangsung kurang dari 7 hari) tetapi juga saat anak mengalami diare persisten (diare yang berlangsung antara 7 sampai 14 hari).

Empat penelitian yang dilakukan di Peru, Pakistan, dan Bangladesh dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2000, memberikan hasil bahwa suplementasi zinc memperpendek durasi terjadinya diare persisten hingga 24%. Dari beberapa penelitian dalam Cochrane Review (2008) dan Indian Journal of Pharmacology (2011) di dapatkan bahwa hampir tidak ada efek samping penggunaan zinc, kecuali muntah. Konsumsi zinc hingga 40 mg masih aman untuk tubuh.

Zinc memiliki banyak jenis, tablet dan sirup. Pemberian tablet zinc pada anak dapat dilakukan dengan cara melarutkannya dengan 5 ml (satu sendok teh) ASI perah, oralit, atau air matang. Jangan lupa bahwa zinc diberikan hingga 10 hari meskipun anak sudah berhenti diare. Pemberian zinc hingga 10 hari dapat memperbaiki kesehatan, pertumbuhan, dan nafsu makan anak.

cara pemberian zinc