Ini Dia Cara Pencegahan & Pengobatan Hipertensi Dengan Tepat

Iklan Semua Halaman

Ini Dia Cara Pencegahan & Pengobatan Hipertensi Dengan Tepat

Jumat, 28 Juni 2019
dokpedia - Ini Dia Cara Pencegahan & Pengobatan Hipertensi Dengan Tepat

Pencegahan & pengobatan hipertensi menjadi dua bagian penting yang wajib untuk anda perhatikan, utamanya jika anda telah terdeteksi mengalami tekanan darah tinggi. Pada dasarnya mencegah memang selalu menjadi hal yang lebih baik untuk dilakukan sebelum mengobati, mengapa demikian? Karena dengan mencegah, tentunya masalah tekanan darah tinggi itu pun tidak akan anda alami. Karena itulah bagi anda yang ingin melakukan pencegahan, agar terhindar dari jenis masalah kesehatan yang satu ini, maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa langkah di bagian bawah ini :

Pencegahan hipertensi

1. Ubah pola makan
Pola makan yang buruk seringkali menjadi penyebab utama munculnya masalah tekanan darah tinggi. Karena itulah ada baiknya bagi anda untuk mengurangi jenis makanan yang dapat memicu darah tinggi, seperti halnya menghindari makanan dengan kadar natrium tinggi atau bahkan jenis makanan olahan. Setelah itu pastikanlah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi sehingga tekanan darah anda pun dapat berubah menjadi lebih stabil.

2. Rutin berolahraga
Olahraga secara rutin juga dapat membantu anda dalam mencegah munculnya hipertensi, hal ini dapat anda lakukan dengan membiasakan diri untuk berolahraga selama 30 menit hingga 2 jam dalam waktu satu minggu. Seperti halnya dengan jogging, bersepeda atau bahkan jalan santai.

3. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan agar berada dalam kondisi ideal juga menjadi cara pencegahan selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghindari hipertensi, hal ini berkaitan dengan kondisi overweight yang mana dapat menyebabkan seseorang 2 hingga 6 kali memiliki peluang untuk menderita hipertensi dengan lebih mudah.

4. Hindari konsumsi alkohol
Selain beberapa hal di bagian atas tadi, konsumsi alkohol juga dapat membuat tekanan darah meningkat dengan lebih mudah. Hal ini tidak lepas dari beragam jenis minuman beralkohol yang memang memiliki kalori tinggi di bagian dalamnya, sehingga dapat menyebabkan berat badan naik dengan cepat.

5. Hindari rokok
Konsumsi rokok dikenal dengan beragam bahaya yang menghantuinya, salah satu diantaranya adalah hipertensi. Karena itulah bagi anda yang ingin mencegah munculnya tekanan darah tinggi pada diri anda, maka pastikanlah untuk berhenti mengkonsumsi rokok dan menghindarinya.

Selain beberapa bentuk pencegahan di bagian atas tadi, bagi anda yang telah terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi dan ingin mengobatinya dengan mudah, maka pastikanlah untuk melakukan beberapa bentuk pengobatan hipertensi di bagian bawah ini :

Pengobatan hipertensi

1. Mengubah gaya hidup
Dengan mengubah gaya hidup, maka masalah kesehatan dari tekanan darah tinggi yang anda derita pun dapat diturunkan dengan lebih mudah, seperti halnya dengan melakukan pola diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), yaitu konsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur, gandum, susu rendah lemak, serta kacang-kacangan, kemudian pastikan pula untuk mengurangi konsumsi garam, melakukan aktivitas fisik secara rutin, menurunkan berat badan, menghindari konsumsi rokok serta alkohol, serta melakukan relaksasi yang tentunya dapat membantu turunkan tingkat stress yang anda miliki. Cara tersebut selain dikenal sebagai bentuk pengobatan, juga dapat anda terapkan sebagai bentuk pencegahan, seperti halnya yang telah dijelaskan pada bagian di atas tadi.

2. Penggunaan obat-obatan
Dalam beberapa kasus mereka yang menderita hipertensi diwajibkan untuk mengkonsumsi obat. Namun tentunya obat tersebut akan diberikan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan olehnya, seperti halnya beberapa jenis obat di bagian bawah ini :
  • Diuretik
  • Antagonis kalsium
  • Beta blocker
  • ACE Inhibitor
  • Angiotensin-2 receptor blocker (ARB)
  • Penghambat renin

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa cara pencegahan & pengobatan hipertensi yang dapat anda lakukan dan penulis jelaskan secara singkat kali ini.