Penyakit Rubella, Salah Satu Penyakit Yang Sedang Ramai Dibicarakan Karena Gejalanya - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Kamis, 11 Oktober 2018

Penyakit Rubella, Salah Satu Penyakit Yang Sedang Ramai Dibicarakan Karena Gejalanya

periksa anak

Akhir-akhir ini Indonesia diresahkan oleh penyakit yang mulai menyebar di beberapa daerah. Penyakit tersebut paling banyak menyerang anak-anak dan bahkan bayi yang masih berada di dalam kandungan ibunya. Penyakit yang mulai menyerang Indonesia kembali adalah penyakit Rubella atau campak Jerman. Penyakit ini merupakan infeksi dari virus yang menimbulkan ruam-ruam merah pada kulit. Virus yang menyebabkan itu semua bernama virus Rubella, sesuai dengan penyakitnya.

Penyebaran virus Rubella bisa melalui liur yang bertebaran di udara dihasilkan dari bersin dan batuk. Selain itu, menggunakan barang dan berbagi makanan maupun minuman dengan penderita Rubella juga mampu menularkan virus tersebut. Bagaimana ciri-ciri mengenal penyakit Rubella yang menjangkit tubuh manusia? Ada baiknya Anda mengetahui apa saja terkait Rubella dan bagaimana cara pencegahannya.


Gejala Timbulnya Rubella
Rubella yang menjangkit anak-anak cenderung mempunyai gejala yang ringan jika dibandingkan dengan orang dewasa. Gejala umum bagi penderita Rubella diantaranya:
  • Tidak memiliki nafsu makan.
  • Mata mengalami kemerahan.
  • Sakit kepala terus menerus.
  • Demam yang tidak henti-henti.
  • Mengalami pembengkakan di bagian leher dan telinga.
  • Merasakan nyeri dan sakit pada sendi tubuh.
  • Terdapat ruam-ruam merah berbentuk titik-titik yang muncul secara bertahap dari wajah dan mulai menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 hari.
Dan bahkan, ada orang yang menderita Rubella, namun, tidak mengalami gejala-gejala seperti di atas. Hal tersebut sangatlah berbahaya karena secara tidak langsung menyerang orang lain yang tidak tahu tertular secara langsung. Jika Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Penyakit rubella dan gejalanya


Lakukan Penanganan Virus Rubella
Doker pastinya akan memberikan obat untuk meringankan sakit dari virus Rubella dan membangun antibodi Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan penanganan selanjutnya di rumah untuk mempercepat penyembuhan dari virus Rubella. Penanganan yang dilakukan cukup mudah. Berikut ini hal yang harus Anda lakukan:
  • Banyak mengonsumsi air putih untuk menetralkan racun di dalam tubuh serta mencegah dari dehidrasi.
  • Beristirahat yang cukup dan kurangi diri dari kesibukan sebelum benar-benar sembuh.
  • Selingi konsumsi air putih dengan air hangat dicampur madu dan perasan lemon untuk menghangatkan tubuh dan meredakan sakit pada tenggorokan.
  • Kurangi rasa nyeri sendi dan demam dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan penyakit tersebut.
Lakukan penanganan tersebut secara rutin hingga tubuh Anda benar-benar sehat kembali. Jika dirasa tidak mengurangi rasa sakit sama sekali, kembali lagi pada dokter yang sudah menangani Anda sebelumnya dan konsultasikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Mencegah Rubella Lebih Baik Daripada Mengobati
Keberadaan Rubella yang mulai menyebar ke beberapa kota di Indonesia mengharuskan Anda untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu sebelum terjangkit penyakit Rubella. Terutama pada wanita yang ingin maupun sedang dalam keadaan hamil. Saat ini, pencegahan Rubella bisa dilakukan dengan menerima vaksin pencegahan Rubella. Pemerintah sedang berusaha menyelamatkan generasi Indonesia dengan melakukan vaksin MR.

Vaksin tersebut dapat melindungi tubuh manusia dari penyakit campak dan juga Rubella. Selain dengan vaksin, Anda juga bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan diri. Jangan pernah lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dari tempat manapun. Hindari juga kontak secara langsung dengan orang yang telah didiagnosis terkena Rubella.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar