Si Kecil Terserang Batuk? Ini Dia Daftar Obat Herbal untuk Batuk pada Anak-Anak! - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Minggu, 07 Oktober 2018

Si Kecil Terserang Batuk? Ini Dia Daftar Obat Herbal untuk Batuk pada Anak-Anak!

batuk pada anak

Orang tua mana yang tega melihat buah hati kesayangan tersiksa oleh rasa sakit, termasuk sakit batuk? Jika obat dari dokter biasa jadi solusi andalan untuk mengatasi batuk yang diderita si kecil, kali ini Anda bisa buat ramuan obat herbal yang dijamin manjur. Apalagi bahan-bahannya mudah diperoleh, bahkan bisa ditemukan di dapur sendiri!

Penasaran? Ini dia berbagai obat herbal untuk batuk pada anak-anak untuk solusi alami atasi sakit pada buah hati!

Gunakan Campuran Jahe dan Kencur
Anda bisa manfaatkan campuran ini sebagai obat herbal untuk batuk pada anak-anak berusia 1 tahun. Cukup siapkan jahe dan kencur, masing-masing berukuran 1 cm, lalu memarkan dan rebus dengan 1 gelas air di dalam panci. Tunggu sampai air tersisa hanya setengahnya, lalu tambahkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata, angkat, lalu saring air rebusan tersebut. Tunggu sampai air jadi hangat lebih dulu sebelum diminum si kecil.

Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis
Anda barangkali sudah tahu bahwa buah yang satu ini memang telah dipercaya sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk semua usia.Cukup siapkan 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, 5 sendok makan air matang, dan 3 sendok makan madu. Campur semua bahan. Atau, Anda juga bisa membuat obat herbal untuk batuk pada anak-anak ini dengan cara ditim selama sekitar 30 menit.
Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, takarannya adalah 1/2 sendok teh, minum 2 kali sehari. Sedangkan untuk anak berusia 2 tahun, takarannya adalah 1 sendok teh, minum 2 kali sehari. Seperti yang telah Anda ketahui, jeruk nipis mengandung vitamin C yang memiliki berbagai khasiat, dan bukan hanya untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Salah satu khasiat vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh buah hati Anda agar nantinya tidak mudah terserang penyakit lagi.

Obat herbal batuk pada anak

Gunakan Kencur
Sedangkan opsi ini cocok sebagai obat herbal untuk batuk pada anak-anak berusia 2 tahun yang aman dan alami. Caranya parut 5 gram kencur yang sudah dicuci sampai bersih, lalu tambah 2 sendok makan air masak dan aduk sampai merata. Saring campuran tersebut, lalu tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air hasil saringan tersebut. Obat herbal ini bisa Anda berikan kepada si kecil 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Gunakan Kunyit
Bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, Anda juga dapat memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bahan untuk obat herbal untuk batuk pada anak-anak. Caranya cukup siapkan kunyit lalu cuci sampai bersih. Potong kunyit tersebut dan kemudian rebus di dalam panci. Ambil air rebusan kunyit tersebut dan tinggu sampai cukup hangat. Tambah sedikit madu sebelum air rebusan kunyit tersebut diminum oleh buah hati.

Gunakan Lemon
Jika buah hati Anda mengalami batuk berdahak, maka Anda bisa siapkan jus lemon untuk mengatasinya. Apalagi, jus lemon juga dapat bantu atasi pilek serta infeksi saluran pernapasan. Caranya cukup dengan membuat jus lemon dan berikan kepada si kecil 1 sendok teh jus lemon dalam rentang setiap 3 jam dan didampingi dengan segelas air putih. Hal ini dikarenakan sifat jus lemon yang dapat menyebabkan si kecil rentan dehidrasi jika Anda tidak berhati-hati.

Apabila batuk yang dialami si kecil tidak kunjung mereda dalam waktu 3 hari, segera bawa ke dokter untuk pertolongan medis lebih lanjut.

2 komentar:

  1. artikel nya berguna buat yang punya anak tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikelnya. semoga bermanfaat.

      Hapus