BLANTERORIONv101

7 Obat Herbal Yang Dipercaya Mengatasi Berbagai Penyakit

7 Juli 2022
dokpedia - obat herbal mengatasi penyakit

7 Obat Herbal Yang Dipercaya Mengatasi Berbagai Penyakit

Obat herbal begitu bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti batuk, penyakit kulit, sampai kolesterol. Jika tidak percaya, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Obat-obatan herbal umumnya memang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Banyaknya jenis tumbuh-tumbuhan herbal yang ada di tanah air sering sekali dimanfaatkan untuk membuat obat herbal alami terbaik. Obat herbal merupakan obat yang terbuat dari berbagai tumbuh-tumbuhan alami maupun campuran dari ekstrak tumbuh-tumbuhan tersebut. Baik itu dari daun, batang, bunga, akar, buah, bahkan pada bijinya. Kemudian, bahan-bahan tersebut diproses dan dikemas ke dalam bentuk kapsul, tablet, minyak, salep, maupun minuman dalam bentuk teh. Namun, meracik sebuah obat herbal secara alami lebih aman untuk dikonsumsi untuk tubuh.

Obat Herbal Paling Terbaik Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Berikut ini adalah beberapa daftar obat herbal terbaik yang bisa membantu untuk mengatasi berbagai macam penyakit :

1. Bawang Putih

Bawang putih memang sudah dikenal sejak lama sebagai jenis obat alami. Tumbuhan satu ini mempunyai senyawa aktif allicin yang sangat bermanfaat untuk membunuh berbagai jenis bakteri penyebab penyakit. Manfaat dari bawang putih adalah meredakan penyakit ginjal, pilek, flu, batuk, dan juga radang tenggorokan. Berbagai manfaat bawang putih juga bisa untuk menjaga tingkat kolesterol, membantu mengatasi penyakit herpes beserta tekanan darah yang menurun.

2. Kunyit

Kunyit ini umumnya lebih banyak digunakan sebagai bumbu dapur, jamu, sampai perawatan kecantikan. Manfaat kunyit untuk kesehatan tidak akan pernah terlepas dari zat kurkumin yang terkandung di dalamnya. Manfaat kunyit sendiri dapat digunakan untuk mengatasi penyakit campak, anti radang dan antioksidan, menjaga kesehatan pada sistem pencernaan, membantu menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, penyakit mental, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mencegah kanker. Hanya saja, kunyit ini memang tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan. Nantinya, akan ada beberapa efek samping dalam konsumsi kunyit yang berlebihan dapat memicu kenaikan pada asam oksalat.

3. Temulawak

Temulawak merupakan jenis obat tradisional yang sangat kaya dengan manfaat untuk kesehatan. Pada minuman kekinian saat ini sudah banyak yang menggunakan racikan temulawak. Temulawak memiliki khasiat untuk bisa mengatasi penyakit lambung, penambah nafsu makan, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Ginseng

Ginseng merupakan obat herbal yang sangat aman dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Bagian akarnya tersebut bisa dibuat sebagai bahan dasar dalam pembuatan teh. Ginseng juga dapat dikeringkan sampai menjadi sebuah bubuk. Manfaat ginseng ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun imunitas, menambah energi dan juga meningkatkan fungsi otak, membantu mengatasi penyakit hepatitis serta sebagai anti inflamasi. Bahkan, ginseng bisa bermanfaat untuk penyakit jantung, obat tidur herbal yang sangat cocok untuk para penderita insomnia sehingga disarankan untuk mengonsumsinya ketika malam hari.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya ini memang sangat populer sebagai bahan alami untuk membantu dalam perawatan kesehatan kulit dan juga rambut. Tidak hanya untuk kecantikan pada tubuh saja, tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai obat herbal penyakit diabetes. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu menurunkan kadar lemak darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Manfaat lidah buaya ini juga sebagai obat herbal diabetes berasal kandungan lektin, mannans, dan antrakuinon di dalamnya. Senyawa aktif itu bisa meringankan luka diabetes dengan cara meredakan pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan akibat komplikasi diabetes.

6. Minyak Zaitun

Jika konsumsi minyak zaitun secara teratur, dinilai bisa meningkatkan fungsi pada paru-paru untuk perokok, pengidap asma, serta PPOK. Selain itu, minyak ini juga banyak digunakan pada menu makanan mediteranian yang mampu untuk membantu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit pernapasan seperti, asma. Kandungan antioksidan dan juga sifat anti radang beserta kandungan vitamin E yang ada di dalamnya juga menyehatkan paru-paru.

7. Daun Sirih

Daun sirih sejak zaman dahulu digunakan sebagai tanaman tradisional untuk bisa mengobati berbagai permasalahan kesehatan. Daun sirih memiliki kandungan yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat di dalamnya. Daun sirih juga mengandung sejumlah zat kimiawi, seperti minyak sirih, chavicol, eugenol, terpene, betelphenol, dan campene. Kandungan itu membuat daun sirih dikenal sebagai obat herbal untuk membantu pengobatan berbagai macam penyakit.


Berbagai Kelebihan dari Obat Herbal

Obat herbal yang dikelola dengan bahan yang bermutu dan juga baik tanpa dicampur bahan kimia apapun, nantinya tidak akan menimbulkan efek samping, walaupun seseorang harus memakainya seumur hidup. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari obat herbal :

1. Tidak Ada Efek Samping

Seperti yang sudah diketahui, obat herbal merupakan obat yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan alami dan juga kompleks. Obat herbal bisa dianggap sebagai makanan, yang berarti bahan yang dapat dikonsumsi dan digunakan untuk memperbaiki sel, jaringan, maupun organ yang rusak. Komposisi maupun dosis yang nantinya digunakan pada obat herbal adalah dosis tradisional dan sedikit dikurangkan.

2. Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Karena obat herbal ini merupakan obat yang asalnya dari alam, sehingga harganya juga akan cenderung lebih murah dibandingkan dengan obat kimia. Selain itu obat herbal juga sangat mudah sekali untuk dibuat, karena pada saat pembuatannya obat herbal tidak akan menggunakan alat dan juga teknologi yang canggih. Biasanya pada obat herbal akan diolah dengan cara direbus, ditumbuk, maupun dicampur dengan berbagai bahan herbal lainnya dengan komposisi tertentu.

3. Obat Multifungsi

Obat herbal ini tidak hanya bisa untuk menyembuhkan satu penyakit, tetapi satu tumbuhan dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit, misalnya seperti teh, daun murbei, madu atau jus kulit manggis bisa untuk menyembuhkan asam urat, migrain, diabetes, hepatitis, bahkan kanker.

4. Obat Herbal Tidak Beracun

Pemakaian obat kimia dengan jangka waktu yang panjang dapat mengubah obat itu sendiri menjadi sebuah racun pada tubuh kita nantinya. Sehingga pada pemakaian obat kimia harus selalu memperhatikan bimbingan dan petunjuk dari dokter dan tidak boleh digunakan secara sembarangan. Sebaliknya obat herbal ini mempunyai sifat bebas racun dengan penggunaan yang tepat obat herbal sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Bahkan, obat herbal bisa dijadikan sebagai peluruh racun (detoks) yang ada di dalam tubuh.

5. Efektif Untuk Penyakit yang Sulit Dihadapi

Obat herbal ini memiliki sifat kuratif artinya benar-benar bisa untuk menyembuhkan karena pengobatannya di dalam sumber penyebab penyakit. Berdasarkan beberapa riset yang sudah pernah dilakukan oleh para ahli, obat herbal akan sangat cocok untuk berbagai gangguan kesehatan terutama pada penyakit kronik dan degeneratif seperti hipertensi, kencing manis, rematik, asma, penyebaran sel-sel kanker, tumor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Menghilangkan Sumber Penyakit

Obat herbal ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit secara menyeluruh (holistic). Selain bisa menyembuhkan gejalanya, obat herbal juga dapat menyembuhkan sumber penyakitnya. Obat herbal juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk melawan berbagai penyakit.