BLANTERORIONv101

10 (sepuluh) Macam Penyakit Kulit dan cara Pengobatannya

13 Juli 2022
dokpedia - penyakit kulit

10 (sepuluh) Macam Penyakit Kulit dan cara Pengobatannya

Penyakit bisa dialami di berbagai bagian tubuh. Salah satunya adalah pada bagian kulit. Mulai yang ringan, sedang hingga parah dan sangat mengganggu. Berikut beberapa penyakit kulit tersebut.

Panu

Bercak kulit terang atau gelap yang tidak menonjol dan terasa gatal ini disebabkan oleh infeksi jamur. Panu tidak menular, tapi mengganggu penampilan. Bisa diobati dengan krim antijamur yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter.

Eksim

Pemicunya adalah alergi atau iritasi terhadap bahan tertentu, yang lalu memicu terjadinya peradangan pada kulit, dengan gejala kulit merah, kering dan gatal. Ada jenis eksim dermatitis atopik dan juga dermatitis kontak. Atasi dengan pelembab jika kambuh, jika parah maka bisa minta resep krim steroid kepada dokter.

Biduran

Ruam biduran atau urtikaria berupa bentol-bentol kemerahan yang terasa gatal. Pemicunya adalah alergi, dan tidak menular, serta bisa sembuh sendiri. Guna mengurangi rasa gatalnya bisa kompres dingin, dan minta resep dokter obat antihistamin atau anti radang, jika parah.

Impetigo

Sering menyerang wajah dan tangan anak-anak, juga di kaki. Awalnya lesi impetigo warnanya merah juga basah, lalu membentuk kerak dengan warna kekuningan. Impetigo menular lewat kontak sentuhan, baik secara langsung atau lewat benda yang tertempel cairannya. Bisa diobati dengan krim obat antibiotik.

Bisul

Bisul timbul akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Benjolan merah bisul akan terasa sakit dan akan makin besar saat timbul nanah, lalu akan muncul mata bisul. Penyakit kulit ini menular. Bisa kompres dengan kain hangat, lalu tutup lukanya jika pecah.

Scabies atau Kudis

Penyebabnya adalah kutu kulit yang ada di lapisan kulit terluar hingga menyebabkan jerawat yang sangat gatal rasanya. Kutu ini dapat menular lewat kontak langsung atau lewat perantara baju atau benda lain. Pengobatan scabies bisa perlu waktu 4 pekan atau lebih, yang dilakukan sekaligus dengan orang yang tinggal bersama.

Kutil

Penyebabnya adalah virus HPV. Gejalanya berupa bentolan kasar berwarna kecoklatan atau merah muda, dan bisa menular. Meski kutil bisa hilang dengan sendirinya, tapi bisa diobati dengan metode cryotherapy, atau asam salisilat, atau operasi kecil.

Kurap

Kurap atau ringworm ialah infeksi jamur di kulit yang lembab serta hangat, seperti di sela-sela jari kaki. Kulit jadi bersisik, dan merah, gatal, berbentuk lingkaran yang menonjol. Kurap bisa menular. Bisa diobati dengan krim antijamur yang dijual bebas. Pastikan tubuh bersih dan hindari pemakaian benda bersama.

Psoriasis

Psoriasis akibat autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit, hingga timbul bercak merah bersisik, dan penebalan kulit serta kering, yang bisa terasa gatal, dan terbakar yang menyengat. Sekitar 2 persen total populasi dunia mengalaminya. Biasanya pada siku, dan lutut, juga leher serta kulit kepala. Psoriasis merupakan penyakit autoimun, jadi tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikurangi gejalanya dengan obat oles atau obat suntik.

Herpes dan Cacar

Herpes simplex virus (HSV) lalu varicella-zoster virus (VZ) ialah jenis penyakit kulit yang di akibatkan oleh infeksi virus yang sering menjangkiti manusia. Untuk pengobatannya harus dengan pemeriksaan dokter untuk diagnosa penyakitnya agar pengobatan tepat.
Itulah sepuluh macam penyakit-penyakit kulit yang paling sering dialami oleh manusia.