BLANTERORIONv101

3 (Tiga) Jenis Penyakit Herpes

14 Juli 2022
dokpedia - penyakit herpes

3 (Tiga) Jenis Penyakit Herpes

Terdapat beberapa penyakit pada kulit. Salah satunya adalah yang namanya Herpes.

Apa itu Penyakit Herpes

Herpes merupakan kelompok virus yang bisa menimbulkan infeksi. Secara umum Infeksi virus herpes ditandai dengan kulit yang kering, dan luka lepuh, serta luka terbuka yang berair. Penyakit herpes bisa menular terutama jika terjadi kontak langsung dengan penderita.

3 Jenis Penyakit Herpes

Penyakit Herpes bisa dibagi menjadi 3 jenis kelompok, yakni sebagai berikut:
alpha (α) herpesvirus,
beta (β) herpesvirus,
gamma (γ) herpesvirus.

Dari tiga kelompok Herpes tersebut, terdapat delapan jenis virus herpes yang bisa menginfeksi manusia, berikut ini.
Herpes simplex virus tipe 1 (HSV 1)
Herpes simplex virus tipe 2 (HSV 2)
Epstein-Barr virus (EBV)
Varicella-zoster virus (VZV)
Cytomegalovirus (CMV)
Herpesvirus 6 (HBLV)
Herpesvirus 7
Herpesvirus 8 sarkoma kaposi

Penyebab Penyakit Herpes

Meskipun banyak jenis virus herpes yang bisa menyerang manusia, tetapi kelompok alfa herpesvirus adalah yang paling sering menimbulkan infeksi. Herpes simplex virus (HSV) serta varicella-zoster virus (VZ) ialah jenis virus herpes yang sering menyerang manusia.

Herpes simplex virus tipe 1 (HSV 1)

HSV 1 ini penyebab terjadinya sakit herpes oral di mulut atau herpes labial di bibir. Tapi HSV 1 juga bisa menyebar dari mulut hingga ke alat kelamin dan lalu menyebabkan timbulnya herpes kelamin atau genital pada orang yang menerima seks oral dari si penderita herpes oral.

Penularan HSV 1 bisa menyebar lewat kontak langsung dari penderita herpes ke orang yang masih sehat, seperti lewat ciuman, atau berbagi pemakaian peralatan makan juga kosmetik bibir.

Herpes simplex virus tipe 2 (HSV 2)

HSV 2 ialah penyebab utama penyakit herpes genital. Infeksi yang timbul akibat virus ini dapat kambuh dengan frekuensi kekambuhan yang bervariasi di setiap penderitanya, antara lain tergantung kondisi daya tahan tubuhnya. Virus HSV 2 ditularkan lewat kontak langsung dengan luka penderita herpes, seperti ketika berhubungan seksual. Pada kasus yang jarang terjadi, maka HSV 2 juga bisa menular dari ibu kepada bayi yang dilahirkannya.

Varicella-zoster virus (VZV)

VZV adalah virus penyebab sakit cacar air (varicella) dan juga cacar ular (herpes zoster). Cacar air akan terjadi saat virus varicella zoster menginfeksi untuk pertama kalinya. Sedangkan herpes zoster, atau herpes kulit, akan terjadi pada saat virus VZV yang tidak aktif yang ada dalam tubuh menjadi kambuh kembali. Lalu bisa juga akibat tertular dari penderita herpes zoster, seperti ketika VZV menular lewat kontak langsung dengan penderita cacar air. Terjangkitnya infeksi virus ini ditandai dengan timbulnya bintil kulit yang berisi cairan (vesikel). Kontak langsung dengan cairan yang terdapat di dalam vesikel atau percikan liur yang keluar ketika penderita bersin atau batuk, juga bisa menjadi penyebab penularannya.

Virus Herpes sudah ada di dalam tubuh penderita selama 7 hingga 21 hari sebelum ruam ataupun gejala yang lainnya muncul, dan sudah bisa menularkan virus varicella zoster sejak 48 jam sebelum munculnya gejala ruam.