• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Penyebab Penyakit Corona Atau Covid-19

    Penyakit Corona dokpedia
    Salah satu langkah terbaik dalam tindak pencegahan penyakit adalah mengetahui secara mendalam penyebab penyakit tersebut serta cara menghindarinya. Virus corona atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19 merupakan salah penyakit paling meresahkan saat ini. Pandemi ini membuat perekonomian mundur, bahkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan karenanya. Di Indonesia sendiri penyebaran penyakit ini masih sangat tinggi. Salah satu penyebab persebaran covid 19 terus melebar di Indonesia karena banyak masyarakat yang belum paham seberapa berbahaya penyakit ini. Masyarakat yang abai membuat virus ini tetap merajalela. Agar Anda beserta keluarga terhindar dari penyakit ini sangat penting untuk mengetahui penyebab penyakit corona ini. Pada artikel ini kami akan merangkum informasinya untuk Anda.

    Penyebab Utama Virus Corona

    Virus corona yang menyerang saat ini disebabkan oleh SARS-CoV-2. Virus ini tergolong jenis baru dan masih tergolong Coronavirus (kelompok virus yang menyerang atau menginfeksi sistem pernapasan). Biasanya orang yang telah terkena penyakit ini mengalami gejala seperti flu, batuk, demam, dan kesulitan bernafas.

    Para ahli menyimpulkan virus ini ditularkan dari hewan ke manusia. Para ahli meyakini bahwa virus ini berasal dari kelelawar yang ditularkan ke hewan lain, sebelum berakhir di tubuh manusia. Virus corona yang telah menjangkiti manusia sangat mudah menular ke manusia lain. Penularan tersebut bisa terjadi melalui cara :
    • Menghirup percikan ludah (droplet) yang ada di udara. Biasanya hal ini terjadi saat ada orang yang telah terinfeksi virus corona bersin atau batuk.
    • Saat tangan telah terkena droplet virus corona, tangan memegang mulut, hidung, mata tanpa mencuci tangan. Sehingga virus yang berada di tangan tersebut berpindah ke mulut, mata, atau hidung, dan mulai berkembang biak di sana.
    • Melakukan kontak fisik atau kontak secara dekat dengan penderita Covid-19, sehingga virus tersebut masuk ke mulut atau hidung.

    Selain melalui hal tersebut, WHO sendiri juga merilis bahwa virus corona ini bisa menulari melalui partikel zat di udara atau sering disebut sebagai aerosol. Hanya saja cara penularan ini kecil kemungkinannya terjadi karena hanya terjadi karena prosedur medis, seperti hisap lendir, pemberian obat hirup, dan yang lainnya.

    Seseorang yang terinfeksi virus corona bisa dipastikan virus tersebut menulari mereka karena cara - cara di atas. Jika Anda ingin terhindar dari virus ini, maka pastikan untuk menghindari keramaian, karena virus corona hanya bisa dideteksi melalui alat tes khusus pada orang yang telah terserang penyakit tersebut.

    Langkah - Langkah Pencegahan Virus Corona

    Mengetahui secara mendalam tentang penyebab penyakit corona merupakan salah satu pencegahan yang paling tepat. Jika Anda tahu penyebab tertularnya maka Anda bisa menghindarinya. Pada umumnya virus Covid-19 ini sangat mudah tertular di tengah keramaian. Oleh karena itu pemerintah sangat menganjurkan agar setiap orang menjaga jarak satu sama lain.
    pencegahan corona - dokpedia - silvimedika
    Virus corona hanya bisa berkembang biak jika virus tersebut telah terkena cairan dalam mulut, hidung atau mata. Jika virus tersebut hanya melekat di lengan, maka virus tersebut tidak akan bertahan lama. Rajin cuci tangan serta menghindari melakukan kontak fisik degan orang lain merupakan langkah paling tepat mencegah virus ini. Selain itu sangat dianjurkan juga untuk memakai masker saat ke luar rumah agar mencegah penularan virus corona. Demikianlah sedikit informasi tentang penyebab penyakit corona, serta cara terbaik mencegah penularannya.
    #corona#covid-19#kesehatan#penyakit dalam#virus
    9 Oktober 2020 Last Updated 2020-10-19T12:27:32Z
    Komentar

    Tampilkan