• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Mengenal Lebih Dekat Apa itu Virus Corona

    dokpedia - virus corona

    Hingga saat ini Virus Corona masih menjadi ancaman bagi setiap negara. Bahkan di Indonesia sendiri persebarannya terus meningkat. Salah satu alasan mengapa virus ini tetap menyebar karena banyak masyarakat abai menerapkan perlindungan diri. Padahal meningkatkan kewaspadaan sangat penting untuk mencegah persebaran virus ini. Masyarakat perlu tahu betapa bahayanya virus ini agar segara melakukan tindak pencegahan yang tepat. Salah satu langkah paling tepat diterapkan kepada masyarakat adalah memberikan penjelasan tentang seberapa bahaya virus ini serta cara menanggulanginya. Pada artikel berikut ini kami akan merangkum informasi untuk Anda tentang apa itu virus corona secara mendalam.

    Pengertian Virus Corona

    Virus Corona disebut merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus yang disebut juga sebagai (Severe Actue Respiratory Syndrome Coronavirus 2) dapat membuat sistem pernapasan terganggu, infeksi paru - paru, hingga kematian. Virus ini tergolong jenis virus baru yang menyerang dan menular ke manusia. Biasanya orang yang rentan terkena virus ini adalah golongan lanjut usia (lansia), orang tua, anak - anak, bayi, dan juga wanita hamil. Hingga saat ini hampir semua dunia sudah tertular virus Corona. Mengingat virus ini baru muncul dan sangat membahayakan, masyarakat dianjurkan untuk tetap berwaspada. Virus corona merupakan salah satu jenis virus yang belum diketahui secara mendalam bagaimana tingkat bahayanya.

    Sejarah Munculnya Virus Corona

    Untuk mengenal lebih dekat tentang apa itu virus corona, perlu juga mengetahui secara ringkas sejarah munculnya virus tersebut. Virus corona atau sering juga disebut sebagai Covid-19 pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China. Proses penyebarannya begitu cepat sehingga pemerintahan Wuhan saat itu langsung menerapkan Lockdown. Jika dilihat dari laman resmi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), Virus Corona SARS pada 2003 diidentifikasi berasal dari hewan. Virus ini diyakini berasal dari kelelawar dan menginfeksi manusia pertama kali di Provinsi Guangdong, China tahun 2002.

    Pada tahun 2012 gelombang wabah virus corona yang disebut sebagai Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) mulai menyerang. Diidentifikasi bahwa sumber utama virus ini adalah hewan unta. Virus ini menular ke Manusia, dan dengan cepat juga menyebar menjangkiti manusia lain. Pada tahun 2012 tersebut diperkirakan 27 negara termasuk Asia dan Amerika telah terjangkiti kasus MERS. Jenis Corona baru yang lebih dikenal sebagai Covid-19 ini, kemudian muncul pada tahun 2019, di kota Wuhan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Sebelum menulari manusia, diperkirakan virus ini melompat dari kelelawar ke hewan lain dan kemudian berlabuh ke manusia. Covid-19 ini masih tergolong dalam keluarga besar Coronavirus, sehingga sangat berkaitan dengan SARS dan juga MERS. Jika SARS dan MERS mulai menyebar saat penyakit mulai parah, Covid-19 menyebar setelah 3 hari terkena virus. Sebelum Anda mengetahui bahwa Anda terinfeksi, bisa saja Anda telah menyebarkan virus tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu virus ini sangat membahayakan.

    Tingkat Kematian Virus Corona

    Salah satu alasan mengapa penting memahami secara mendalam virus ini karena dampak yang ditimbulkannya sangat membahayakan. Hingga saat ini tingkat kematian virus corona begitu tinggi. Hingga saat ini (per tanggal 5 Oktober 2020) sebanyak 35,2 juta kasus telah terdeteksi, dan jumlah orang yang meninggal mencapai 1,04 juta jiwa. Tingkat kematian tersebut menunjukkan seberapa bahaya virus ini. Oleh karena itu penting memahami apa itu virus corona serta bahayanya.
    #corona#covid-19#kedokteran#kesehatan#virus
    6 Oktober 2020 Last Updated 2020-10-06T02:12:56Z
    Komentar

    Tampilkan