• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Bahaya Mengintai bila nilai gula darah, asam urat, dan kolesterol melebihi normal

    dokpedia efek lelah
    Badan kesehatan dunia (WHO) memberikan batas nilai normal gula darah, asam urat, dan kolesterol manusia yang ada baiknya Anda periksa dan cek secara rutin. Kadar gula darah puasa normal manusia kurang dari 100 mg/dl, kadar normal asam urat adalah di angka 3,5 - 7 mg/dl untuk pria dan 2,6 - 6 mg/dl untuk wanita, sedangkan angka normal kolesterol adalah di bawah 200 mg/dl. Ketiga hal tersebut saling berpengaruh dan biasanya ditimbulkan oleh faktor kebiasaan hidup mulai dari makanan yang konsumsi, pola makan, pola tidur, serta pekerjaan. Bila ketiga elemen tersebut berada diatas angka normal, sejumlah masalah kesehatan dapat mudah menjangkit Anda. Berikut ini masalah kesehatan yang mungkin menyerang bila ketiganya berada di atas batas normal:

    Pegal-pegal dan kesemutan

    Rasa pegal-pegal dan kesemutan yang muncul terlalu sering dapat menjadi pertanda ada hal yang salah dengan sistem sirkulasi darah Anda. Pegal-pegal di area tertentu seperti sendi dapat dipicu oleh penumpukan asam urat atau kolesterol. Semakin tinggi kadar kolesterol dan asam urat Anda, maka kemungkinan muncul rasa ini semakin sering.
    Sementara bila Anda sering merasa kesemutan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ada masalah dengan sirkulasi darah Anda. Gula darah yang tinggi membuat peredaran darah menjadi lambat dan kerja jantung meningkat. Kombinasi dengan masalah asam urat dan kolesterol dapat membuat pembuluh darah menyempit dan semakin memperberat kerja jantung.

    Cepat Lelah

    Aliran darah yang tidak lancar akibat kekentalan darah yang pekat, kadar gula yang tinggi, serta dipadukan dengan kolesterol dan asam urat yang tinggi membuat suplay energi dan oksigen ke organ-organ tubuh menjadi berkurang. Dampaknya, tubuh akan merasa cepat lelah ketika beraktivitas.
    Dampak lanjutan yang sering muncul akibat masalah ini adalah kenaikan berat badan akibat kurangnya aktivitas pembakaran lemak. Tidak heran bila orang-orang yang memiliki angka di atas nilai normal gula darah, asam urat, dan kolesterol sering pula menjadi kegemukan. Gaya hidup ini semakin terbentuk dan membuat kondisi fisik anda semakin parah.

    Mudah Mengantuk

    Mengantuk dan menguap adalah respon alami tubuh karena kekurangan asupan oksigen. Jika angka ketiga hal di atas berada di atas normal, tentu saja metabolisme tubuh menjadi bermasalah. Peredaran oksigen dan energi yang tidak lancar, diikuti fisik yang cepat lelah secara alami membuat Anda merasa ingin tidur. Rasa kantuk yang terlalu sering muncul meskipun Anda tidak banyak melakukan aktivitas keras tentu akan mengganggu produktivitas Anda.

    Diabetes

    Jika nilai gula darah anda di atas normal, maka anda berpotensi terkena diabetes. Penyakit ini tidak hanya mengganggu aktivitas anda, namun juga memaksa Anda untuk diet ketat untuk menurunkan kadar gula darah anda. Bila disertai kenaikan asam urat dan kolesterol, dapat dipastikan Anda bisa terkena kondisi diabetes yang parah dan susah disembuhkan.

    Stroke

    Kenaikan nilai ketiga elemen tersebut tentu akan sangat memengaruhi sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa memicu sumbatan pada pembuluh-pembuluh darah tertentu, serta tentu pada pembuluh darah otak yang ukurannya sangat kecil dan berjumlah banyak. Sumbatan ini bisa diakibatkan oleh tumpukan asam urat maupun kolesterol. Jika hal ini dibiarkan dan menjadi kebiasaan, maka jangan sampai heran bila sewaktu-waktu Anda bisa terserang stroke.

    Serangan Jantung

    Jika Anda menyadari nilai ketiga hal di atas melebihi nilai normal gula darah, asam urat, dan kolesterol yang ditentukan WHO maka Anda harus mengetahui bahwa jantung Anda akan bekerja lebih berat. Jantung akan semakin sering dan kuat memompa darah yang menggumpal dan tersumbat tersebut. Kondisi ini jika Anda biarkan akan semakin memperparah kondisi dan kerja jantung. Jika jantung Anda terbebani semakin berat, serangan jantung menjadi bom waktu yang tinggal Anda tunggu.

    #asam urat#diabetes#hidup sehat#kedokteran#kesehatan#kolesterol#laboratorium
    8 Oktober 2020 Last Updated 2020-10-19T12:29:21Z
    Komentar

    Tampilkan