• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    4 Jenis Sakit Kepala Punya Ciri dan Penanganan Yang Berbeda


    sakit kepala - dokpedia

    Sakit kepala merupakan penyakit yang hampir pernah dialami oleh siapapun, termasuk anda. Namun tidak semua obat sakit kepala bisa tepat mengobati rasa pusing yang menyakitkan tersebut. Perlu anda ketahui bahwa ada banyak jenis sakit kepala yang berbeda penyebab dan cara penanganannya. Berikut ini 4 penyebab dan jenis-jenis sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang :

    1). Sakit Kepala Akibat Sinus

    Jika anda memiliki masalah sinus, sering kali muncul rasa sakit kepala yang disertai pembengkakkan di sekitar wajah, kontraksi di area dahi dan pipi, serta demam yang cukup lama. Sakit kepala ini merupakan salah satu akibat dari infeksi sinus yang anda derita. Area yang terasa kencang dan sakit biasanya mengarah pada sekitar alis mata, dahi, serta bawah mata.

    Rasa sakit kepala ini seringkali bertambah ketika menggerakan kepala. Jika memiliki masalah pada sinus, hidung tersumbat juga seringkali membuat sakit kepala menjadi terasa lebih menyakitkan. Untuk mengatasinya, anda harus mengonsumsi obat sinus yang dianjurkan dokter. Memberikan obat sakit kepala saja tidak akan mengatasi masalah ini.


    2). Sakit Kepala Akibat Ketegangan (Tension)

    Anda pernah merasa sakit kepala yang diikuti adanya rasa seperti menekan pada kepala anda? Rasa sakit ini biasanya terpusat pada area belakang mata hingga leher. Sakit kepala seperti ini biasa dialami oleh banyak orang serta disebabkan oleh ketegangan otot-otot tubuh akibat stress, rasa lapar, aktivitas fisik berlebih, maupun akibat kurang tidur.

    Untuk mengobati sakit kepala ini anda bisa meminum obat pereda nyeri atau penghilang rasa sakit. Solusi lain adalah dengan menenangkan diri sembari mengompres bagian yang kaku dengan kain hangat. Biasanya kain hangat ini dikompreskan pada dahi atau leher bagian belakang.

    jenis sakit kepala - dokpedia

    3). Migrain

    Migrain merupakan sakit kepala yang dialami oleh 15% manusia di bumi. Migrain merupakan sakit kepala yang menyerang sebelah kepala, dan dapat menjadi semakin terasa menyakitkan ketika bergerak. Tidak ada sebab pasti untuk menjelaskan penyebab spesifik migrain, namun penyakit ini bisa dipicu oleh beberapa seperti asap rokok, kelelahan, stress, dan faktor konsumsi makanan tertentu.

    Pengobatan medis seringkali kurang efektif untuk menyembuhkan serangan migrain. Namun migrain dapat dicegah dengan mengidentifikasi faktor-faktor pemicu yang sering menyerang anda. Melakukan olah raga tepat, diet sehat, makan teratur, beristirahat cukup, serta konsumsi air putih yang banyak bisa mengurangi resiko terserang migrain. Untuk meredakan serangan migrain, anda bisa menenangkan diri sambil mengompres sekitar dahi dan leher dengan kain hangat.


    4). Cluster

    Sakit kepala cluster merupakan salah satu penyebab dan jenis-jenis sakit kepala yang sulit dicari penyebabnya. Banyak ilmuwan dan dokter menduga jenis sakit kepala cluster dipicu oleh masalah jam biologis manusia. Ada juga kasus yang muncul akibat ketidaktepatan lensa kacamata bila anda memiliki masalah pengelihatan. Belum ada yang bisa memastikan dengan jelas penyebab sakit kepala ini.

    Sakit kepala cluster sering muncul tiba-tiba dan akan hilang sendiri setelah 15-60 menit. Rasa sakit ini muncul pada salah satu bagian kepala, mirip seperti migrain. Selain itu rasa sakit ini juga muncul di belakang dan sekitar mata. Jika rasa sakit kepala ini sering muncul, ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk menangani masalah tersebut.


    Itu tadi 4 penyebab dan jenis-jenis sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Meminimalisir pemicu adalah cara terbaik yang dipadukan dengan diet sehat serta istirahat cukup. Relaksasi setelah bekerja juga membantu anda mengurangi kemungkinan terserang sakit kepala.

    #kesehatan#sakit kepala#saraf
    19 September 2020 Last Updated 2020-09-20T16:41:16Z
    Komentar

    Tampilkan