Waspada, Efek Asam Urat Bagi Tubuh!

Iklan Semua Halaman

Waspada, Efek Asam Urat Bagi Tubuh!

Sabtu, 04 Mei 2019
waspada asam urat - dokpedia

Selain diabetes dan kolesterol, asam urat adalah penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat saat ini. Ya, kolesterol dan asam urat bisa dikatakan sering kali di idap bersamaan dan menjadi keluhan banyak pihak. Asam urat adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh banyaknya kandungan purin dalam tubuh. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita asam urat, diantaranya adalah daging merah, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran seperti asparagus, bayam, kangkung, dsb. Efek asam urat bagi tubuh jika tidak dicegah atau dikontrol lebih jauh maka akan menyebabkan bahaya yang serius.

Sekilas tentang asam urat
Beberapa jenis makanan menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Asam urat tersebut di filter oleh organ ginjal lalu di buang bersamaan dengan urine maupun tinja. Akan tetapi, dalam jumlah yang tidak sewajarnya, ginjal tidak mampu menyaring dengan maksimal yang menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Dalam jumlah yang berlebihan, kadar asam urat dalam darah akan membentuk kristalan yang padat di area sendi sehingga berpengaruh pada timbulnya penyakit asam urat atau yang biasa disebut dengan gout. Beberapa efek asam urat bagi tubuh yang tidak dapat dihindari adalah:

Tophi
Tophi atau Tophus merupakan benjolan yang berwarna kuning atau putih. Letaknya berada di bawah kulit. Anda mungkin cukup sering mendapati penderita asam urat dengan tanda seperti ini. Tophi merupakan penumpukan kristal asam urat yang terletak di bawah kulit dan membentuk benjolan. Umumnya, pertanda ini muncul pada bagian lengan, ibu jari kaki, jari tangan, tumit, lutut, maupun pada punggung pergelangan kaki. Biasanya, penderita yang mengalami tophi tidak menimbulkan nyeri, kecuali jika kadar asam uratnya meningkat, maka akan mengalami peradangan dan membengkak. Efek lainnya adalah, tophi menyebabkan penderitanya kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya, dan muncul cairan laiknya pasta gigi.

efek asam urat - dokpedia

Batu Ginjal
Batu ginjal saat ini menjadi salah satu penyakit yang cukup populer di tengah-tengah masyarakat. Rupanya, kaitan antara batu ginjal dan asam urat cukup erat. Jumlah asam urat yang menumpuk dalam ginjal lambat laun menyebabkan pembentukan kristal dalam ginjal dan terasa menyakitkan. Otomatis, banyaknya kandungan asam urat tersebut berdampak pada kinerja ginjal sehingga tidak maksimal.

Kerusakan sendi
Dampak negatif lain yang dialami penderita asam urat adalah rusaknya jaringan sendi secara permanen. Selain itu, hal ini pun mengakibatkan sendi bengkok dan mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Fatalnya, kerusakan sendi memerlukan perawatan yang intens yang salah satunya hanya bisa ditempuh dengan prosedur operasi.

Penyakit Ginjal
Selain batu ginjal, dampak buruk lain asam urat bagi tubuh adalah penyakit ginjal yang tidak menutup kemungkinan penderitanya mengalami gagal ginjal.

Penyakit Jantung Koroner
Tidak tanggung-tanggung, asam urat juga menyebabkan masalah kesehatan lain seperti gangguan arteri koroner. Hubungan asam urat dengan penyakit jantung koroner sebenarnya masih kontroversial dan masih terus diteliti kebenarannya. Kecenderungan asam urat untuk menyebabkan penyakit jantung koroner juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti umur, tekanan darah, berat badan, perokok, dan kolesterol darah.

Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang saat ini cukup banyak di derita masyarakat Indonesia. Berdasarkan penelitian, meningkatnya gangguan diabetes akibat asam urat adalah sebesar 20 %, dan masih banyak lagi efek negatif yang lain.

Efek asam urat bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi bahayanya. Kendalikan kadar purin yang salah satunya dilakukan dengan cara menghindari konsumsi makanan yang tidak dianjurkan. Selektif memilih menu makanan yang dipilih haruslah diiringi dengan pola hidup sehat yang lain agar kadar purin terkontrol.