Kenali 6 Jenis Efek Sebagai Akibat Dari Bahayanya Hipertensi

Iklan Semua Halaman

Kenali 6 Jenis Efek Sebagai Akibat Dari Bahayanya Hipertensi

Sabtu, 20 April 2019
Bahayanya Hipertensi - dokpedia

Apa saja sih bahayanya hipertensi? Sebelum menjawab mengenai beragam bahaya hipertensi yang dapat terjadi pada tubuh anda, ada baiknya jika anda kenali jenis penyakit yang satu ini terlebih dahulu. Pada dasarnya hipertensi dikenal sebagai jenis penyakit yang banyak terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia. Penyakit ini muncul sebagai bentuk tekanan darah dari dalam tubuh yang berubah menjadi lebih tinggi atau diatas dari tekanan darah pada batas normal. Seseorang dapat dikatakan mengalami darah tinggi, apabila tekanan darah yang dimilikinya berada dalam ukuran di atas 140/ 90. Dari masalah kesehatan yang satu ini tentunya terdapat beragam bahaya yang dapat mengintai tubuh anda, seperti halnya:

1. Stroke
Stroke dikenal sebagai salah satu penyakit dengan penyebab utama dari masalah hipertensi atau darah tinggi. Karena itulah banyak diantaranya mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kemudian menderita serangan stroke. Untuk itu, sebelum para pemilik masalah kesehatan hipertensi mengalami hal tersebut, maka ada baiknya jika ia mulai mengatur pola makan, kemudian menjaga pikiran agar tetap tenang, sehingga resiko akan terkena penyakit atau serangan stroke pun dapat dihindari dengan lebih mudah.

2. Pembuluh darah arteri
Selain menyebabkan bahaya dalam bentuk penyakit stroke, darah tinggi atau hipertensi juga dapat menimbulkan bahaya bagi pembuluh darah arteri, utamanya pada bagian lengan serta tungkai yang dikenal dengan beberapa gejala mendasar, seperti halnya rasa pegal serta mudah lelah utamanya ketika berjalan kaki, kemudian menyebabkan terjadinya kematian jaringan pada bagian tungkai atau pun lengan, serta kesemutan juga baal yang terjadi di bagian lengan serta tungkai.

3. Retinopati Hipertensif
Retinopati hipertensif dikenal sebagai salah satu gangguan kesehatan pada mata yang juga ditimbulkan sebagai akibat atau bahaya dari hipertensi. Dalam hal ini, tekanan darah tinggi akan menyebabkan kerusakan pada bagian pembuluh darah kecil yang terdapat di area mata, sehingga syaraf mata pun juga dapat dirusak dengan mudah olehnya. Bahkan dalam kondisi yang paling parah, hal ini dapat menyebabkan kebutaan.

6 jenis akibat hipertensi - dokpedia

4. Serangan jantung
Selain beberapa bahaya di bagian atas tadi, masalah hipertensi ini juga dapat menimbulkan komplikasi yang kemudian menjadikan seseorang mengalami serangan jantung. Hal ini tidak lepas dari tekanan darah tinggi yang memang akan menimbulkan beragam kelainan pada bagian jantung. Selain itu, jika hal tersebut terus terjadi dan bertambah parah, maka ia pun dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel jantung termasuk gagal jantung.

5. Gangguan ginjal
Bahaya lain yang juga dapat terjadi apabila hipertensi tidak terkontrol dengan baik adalah gangguan pada bagian ginjal anda, seperti halnya gagal ginjal yang diikuti dengan beragam gejala yang dimilikinya, seperti halnya kesulitan dalam buang air kecil serta buang air besar, munculnya rasa sakit di bagian perut, serta mengeluarkan darah pada saat buang air kecil atau bahkan buang air besar.

6. Sindrom metabolik
Sindrom metabolik juga dikenal sebagai salah satu bahaya yang ditimbulkan dari masalah hipertensi. Hal ini terjadi sebagai bentuk gangguan dari proses metabolisme yang terdapat dalam tubuh anda, sehingga proses tersebut pun berubah menjadi tidak lancar dan dapat mengakibatkan beragam masalah lainnya, baik itu masalah trigliserida dalam tubuh yang tinggi, HDL rendah, kondisi insulin yang terlalu tinggi, atau bahkan peningkatan pada lingkar pinggang anda.

Demikianlah kiranya beberapa bentuk bahayanya hipertensi yang dapat terjadi pada anda apabila masalah tekanan darah tinggi tersebut tidak terkontrol dan teratasi dengan baik.