BLANTERORIONv101

Waspada, Ini 5 Jenis Penyakit Lambung yang Anda Perlu Tahu

21 Juli 2022
dokpedia - penyakit lambung

Waspada, Ini 5 Jenis Penyakit Lambung yang Anda Perlu Tahu

Penyakit lambung adalah jenis penyakit yang paling umum diidap orang-orang. Bagian salah satu organ pencernaan terasa ngilu, bahkan pada beberapa kasus bisa terasa lebih menyiksa. Penyebab utama sakit lambung tersebut diantaranya dari kebiasaan hidup yang tidak sehat. Mari mengenal lebih banyak seputar penyakit satu ini, simak informasinya berikut.

5 Jenis Penyakit Lambung yang Harus Tahu

Mungkin kita lebih sering mengenal sakit pada lambung paling umum adalah maag dan gerd. Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa terdapat 5 jenis nama seperti berikut ini melansir dari sumber terpercaya.

1. Peradangan atau Gastritis

Gastritis disebut juga peradangan pada bagian dinding lambung dan terbagi dalam dua jenis, yakni akut dan kronis. Penyebab terjadinya kondisi ini bisa karena konsumsi alkohol berlebih, penyakit autoimun, juga penggunaan anti inflamasi nonsteroid. Gastritis ada yang memiliki gejala dan tidak. Tapi gejala umum yang dirasakan yakni cegukan, muntah, mual, nyeri di ulu hati. Jika tidak segera tertangani, gastritis bisa sebabkan komplikasi berbahaya mulai dari pendarahan lambung, kanker lambung, dan tukak lambung.

2. Tukak lambung

Pernah dengar nama penyakit satu ini? Tukak lambung yakni adanya luka karena pengikisan pada bagian usus halus atau dinding lambung yang timbul karena terinfeksi bakteri Helicobacter pylori. Selain itu konsumsi ibuprofen, aspirin, antiradang berlebihan bisa menyebabkan tukak lambung dengan gejala seperti mual, kembung, sering sendawa, muntah darah, nyeri ulu hati. Penyakit ini bisa semakin parah saat penderitanya juga mengkonsumsi makanan asam atau pedas berlebihan, stress, minum alkohol dan merokok.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Belakangan ini sering mendengar berita banyak orang yang mengidap penyakit ini. Dikenal juga sebagai sakit asam lambung, kondisi ketika makanan minuman yang telah tercampur asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita umumnya akan merasakan pahit atau asam pada mulut, disertai sensasi terbakar pada dada, mual, sakit tenggorokan, muntah, sampai sulit tidur. Bila Anda memiliki GERD mesti segera mendapatkan penanganan tepat, karena GERD bisa sebabkan pendarahan, iritasi pada kerongkongan, bahkan parahnya kanker esofagus.

4. Gastroparesis

Penderita gastroparesis sulit mencerna makanan. Hal ini disertai keluhan perut kembung, rasa mual, cepat kenyang, bahkan memuntahkan makanan. Penyebab pastinya belum diketahui, akan tetapi diduga terjadi kerusakan saraf pengontrol otot lambung dan bisa berisiko terjadi pada orang yang punya masalah kesehatan seperti diabetes.

5. Kanker lambung

Terakhir yang sebaiknya diwaspadai yaitu kanker lambung. Pasalnya, penyakit ini jarang timbul gejala di stadium awal, seringnya baru terdeteksi setelah masuk stadium lanjut. Penyebabnya juga belum diketahui pasti, tapi beberapa kebiasaan seperti jarang olahraga, merokok, konsumsi junk food, dan obesitas bisa meningkatkan risikonya.

Itulah jenis-jenis penyakit lambung yang Anda wajib ketahui. Semoga bermanfaat dan mari terapkan pola hidup sehat.