BLANTERORIONv101

Cara Memilih Makanan Sehat, Bisa Dicoba Siapa Saja

27 Juli 2022
dokpedia - Makanan sehat

Cara Memilih Makanan Sehat, Bisa Dicoba Siapa Saja

Sekarang ini, gaya hidup sehat tengah menjadi sorotan bagi masyarakat. Artinya semakin banyak juga orang yang peduli pada kesehatan. Salah satu bagian penting dari gaya hidup sehat adalah makanan sehat.

Untuk membantu Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat, Kami akan bagikan cara untuk memilih makanan sehat. Secara umum, banyak yang mengartikan makanan sehat sebagai makanan yang bergizi serta tidak mengandung pengawet, perasa maupun pewarna buatan. Tetapi ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan yaitu:

● Kandungan Gizi

Cara pertama yang perlu Anda lakukan ketika memilih makanan sehat adalah memperhatikan gizi yang dikandungnya. Anda bisa memperhatikan daftar kandungan makanan yang biasanya tertulis pada kemasan. Di kemasan tersebut Anda bisa menemukan informasi tentang nilai gizi, vitamin, kalori sampai lemak yang terkandung dalam produk yang Anda beli.

● Cara Pengolahan Makanan

Selain jenis makanan dan gizi yang terkandung di dalamnya, cara mengolah makanan juga hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, kesalahan pada cara pengolahan makanan bisa jadi membuat niat Anda membuat makanan sehat menjadi tidak tercapai. Memberikan variasi dalam cara pengolahan makanan juga bisa membantu orang yang pilih-pilih makanan.

● Makanan Berserat

Ketika Anda memilih makanan sehat , jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berserat. Makanan berserat bisa membantu proses pencernaan di dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mengalami sembelit. Umumnya, serat bisa Anda temukan pada sayuran hijau dan buah-buahan. Bagi Anda yang kurang menyukai keduanya, bisa mencari referensi resep sehat atau mencoba makan jenis yang berbeda setiap minggunya. Makan buah dan sayur juga bisa membantu Anda yang sedang melakukan program diet sehat.

● Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Perbanyak Makanan Sehat

Semakin majunya zaman saat ini, juga makin mendukung berkembangnya makanan cepat saji. Sebenarnya, bukan berarti Anda tidak boleh memakannya sama sekali. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu sering. Sebab, rendahnya nutrisi dan kalori pada makanan cepat saji justru bisa mengganggu kesehatan Anda. Jika ingin menjaga kesehatan lewat makanan, disarankan untuk lebih sering memakan makanan sehat.

● Rencana Menu

Supaya tidak bosan dengan jenis makanan sehat yang Anda makan. Anda bisa mencoba untuk membuat rencana menu yang akan Anda konsumsi. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa diri ketika belanja dan bisa menyiapkan menu yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Sebelum berbelanja, Anda bisa membaca beberapa buku maupun internet tentang kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga bisa merancang daftar menu. Jika merancang menu sehat untuk waktu sebulan masih terlalu sulit, Anda bisa coba untuk mencoba merancang menu untuk seminggu terlebih dahulu.

Itulah cara memilih makanan sehat yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga bisa menjadi referensi Anda ketika menyiapkan menu sehat untuk Anda dan keluarga.