• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Jerawat

    dokpedia penyebab jerawat

    Salah satu masalah kesehatan dan kecantikan adalah jerawat. Sebenarnya menghilangkan penyakit jerawat bukan perkara mudah. Bahkan ada banyak produk mahal yang tidak bisa berhasil jika penyebab penyakit jerawat sebenarnya dikarenakan oleh kebiasaan yang tidak Anda sadari. Dan berikut adalah beberapa kebiasaan buruk sehari – hari yang tidak disadari sehingga akhirnya menjadi penyebab penyakit jerawat diantaranya adalah :

    Menyentuh bagian wajah dengan tangan yang kotor

    Ini adalah salah satu penyebab penyakit jerawat yang sangat sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Bakteri dan banyak kotoran yang menempel pada tangan secara langsung akan menempel pada kulit wajah Anda yang akhirnya akan menyumbat bagian pori – pori dan inilah yang akhirnya menyebabkan wajah Anda seringkali rentan mengalami jerawat.
    Selain karena kebiasaan Anda menyentuh wajah dengan menggunakan tangan yang kotor, benda yang menempel pada wajah misalnya adalah handphone, keringat dan alat make up bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di wajah Anda.

    Rambut dalam keadaan kotor

    Ada sebagian besar orang yang tidak mencuci rambutnya setiap hari. Ada yang setiap tiga kali sehari atau bahkan ada juga seminggu sekali. Nah sebenarnya terlepas dari seberapa sering Anda berkeramas, sangat penting untuk Anda mencuci rambut Anda dengan rutin. Terutama adalah untuk Anda yang memiliki rambut tipis, berponi dan panjang. Karena rambut yang jarang dicuci akan memiliki bau yang tidak enak, lepek dan kotor. Kotornya rambut bisa saja menempel pada wajah Anda. Hal inilah yang akhirnya bisa menjadi penyebab penyakit jerawat.

    Tidak rutin menggunakan obat jerawat

    Perawatan pada wajah yang memiliki jerawat memang sangat membutuhkan waktu yang tidak cepat hingga akhirnya akan menampakkan hasilnya. Jadi jika anda sedang dalam masa perawatan ke salah satu skin care ada baiknya untuk menggunakannya secara rutin. Jangan langsung ganti obat jika anda merasa belum ada efeknya. Karena memang pengobatan wajah yang berjerawat justru bisa memakan waktu berbulan – bulan. Jika anda tidak sabar dan langsung mengganti obatnya, maka efeknya justru jerawat akan semakin tumbuh di area wajah anda.

    Jangan terlalu sering mencuci muka

    Salah satu kunci untuk bisa memiliki wajah yang bebas dari penyakit jerawat adalah dengan cara menjaga kebersihan wajah Anda. dan biasanya beberapa orang akan melakukannya dengan cara sesering mungkin untuk mencuci mukanya. Namun tahukah Anda jika terlalu sering cuci muka bisa menjadi penyebab penyakit jerawat. Hal ini karena bisa menyebabkan kulit Anda mengalami iritasi dan sensitif apalagi jika Anda mencuci muka dengan sabun yang sebenarnya kurang cocok di wajah Anda yang memiliki bahan kimia sehingga munculnya jerawat yang timbul karena kandungan zat didalamnya.

    Kebiasaan memencet jerawat

    Ada baiknya untuk Anda meninggalkan kebiasaan ini. Memencet jerawat tidak akan membuat jerawat Anda hilang namun akan menjadi penyebab penyakit jerawat lainnya dan bahkan memberikan bekas luka di wajah Anda. untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka Anda.

    Salah menggunakan kosmetik

    Nah, tahukah Anda salah dalam memilih kosmetik bisa menyebabkan Anda mengalami penyumbatan pada bagian pori – pori dan terjadinya penumpukan komedo. Dan inilah yang akhirnya menjadi penyebab penyakit jerawat. Jika kulit Anda memang sangat rentan terhadap jerawat, maka ada baiknya untuk memilih jenis kosmetik yang khusus untuk wajah berminyak dan juga wajah yang berjerawat. Dan pastikan juga jika kosmetik Anda memiliki label non komedogenik yang akhirnya tidak menyebabkan penyumbatan pada bagian pori – pori.
    #Jerawat#Kecantikan#kesehatan#Kulit
    5 Oktober 2020 Last Updated 2020-10-19T12:31:17Z
    Komentar

    Tampilkan