BLANTERORIONv101

Dampak Ekonomi Akibat Virus Corona Baik Positif Maupun Negatif di Indonesia !

17 Oktober 2020
Dampak corona bagi ekonomi - dokpedia
Wabah Virus covid 19 yang muncul saat ini, memang memberikan berbagai dampak di berbagai sektor, di tanah air salah satunya adalah sektor ekonomi. Banyak yang memberikan dampak negatif, namun ada juga dampak positif pada sektor ekonomi di balik munculnya virus asal Wuhan, China tersebut. Ulasan atau artikel tentang dampak ekonomi akibat virus Corona kali ini, akan membahas tentang dampak yang terjadi pada perekonomian di Indonesia, baik dari sisi negatif maupun dari sisi positifnya.

Dari sisi negatif

Jika membahas tentang ulasan atau artikel tentang dampak ekonomi akibat virus Corona pastinya cukup banyak. Setidaknya ada 6 dampak negatif yang terjadi, akibat virus Corona tersebut, seperti :

  1. PHK besar-besaran
    Setidaknya sampai 11 April 2020, ada lebih dari 1,5 juta karyawan yang memperoleh Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK dan ada juga yang dirumahkan. 1,2 juta berasal dari sektor formal, sedangkan 265.000 berasal dari sektor informal.

  2. Daya beli yang mulai menurun
    Purchasing Manager Index atau yang kerap disingkat jadi PMI saat ini berada di bawah level 50, atau mengalami penurunan yang cukup signifikan.

  3. Penerbangan yang mengalami penurunan
    Sejak bulan januari hingga saat ini sudah ada pembatalan penerbangan yang tidak hanya terjadi dalam skala domestik, maupun skala internasional. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak negatif terhadap perekonomian yang ada.

  4. Sektor pariwisata
    Sektor pariwisata, juga memberikan dampak negatif, dimana terjadi penurunan jumlah wisatawan yang juga cukup signifikan. Apalagi di Indonesia sendiri, ada cukup banyak destinasi wisata dan komponen wisata yang mampu menyumbangkan nilai ekonomi yang cukup tinggi, seperti perhotelan, rumah makan, travel, yang hampir tidak beroperasi.

  5. Penurunan ekspor impor
    Hampir sepanjang tahun ini, mulai dari awal tahun hingga saat ini, terjadi penurunan ekspor impor yang juga cukup tajam.

  6. Kenaikan harga emas
    Terutama pada bulan Maret 2020, telah terjadi inflasi sebesar 2,96% year on year /YoY, dimana hal ini terjadi lantaran harga emas yang mengalami kenaikan. Hal ini yang secara tidak langsung mempengaruhi naiknya harga pangan.

Dari sisi positif

Di balik dampak negatif, selalu ada dampak positif yang akan didapat. Lalu ulasan atau artikel tentang dampak ekonomi akibat virus Corona secara positif apa saja yang didapat oleh Indonesia :

  1. Sektor makanan olahan
    Saat ini sektor makanan olahan, tengah mengalami peningkatan yang sedikit lebih baik, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Adapun yang dimaksud dengan makanan olahan ini tidak hanya tentang makanan, namun juga termasuk minuman olahan.

  2. Meningkatnya sektor manufaktur
    Dimana bahan baku yang berasal dari dalam negeri dapat dimaksimalkan, hingga tidak perlu terus tergantung pada sisi import. Jika sisi ini dapat terus diberdayakan dan ditingkatkan, bukan tidak mungkin akan mampu memperbaiki sisi lain ekonomi bangsa ini.

  3. Sektor pariwisata sekitar
    Kali ini, bangsa ini, dapat mulai menggali aneka macam potensi wisata yang ada di tanah air. Dalam hal ini pihak Pemda, dapat lebih memperhatikan potensi daerahnya, untuk kemudian dipromosikan ke masyarakat luas.

  4. Meningkatnya sektor inovatif kreatif
    Di tengah pandemi seperti sekarang ini, ada cukup banyak sektor inovatif kreatif yang tumbuh dan berkembang cukup pesat. Terutama yang berhubungan dengan teknologi digital.

Selalu ada hal positif, dibalik hal-hal negatif, itu yang harus disikapi dengan bijak, dan jangan hanya terpaku pada hal-hal yang negatif saja. Semoga artikel tentang dampak ekonomi akibat virus Corona ini bermanfaat untuk Anda.