• Menu

    Copyright © Dokpedia - Artikel Kesehatan dan Kedokteran
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Ingin Gigi Sehat? Rutinlah Konsumsi 8 Makanan & Minuman Berikut

    gigi sehat - dokpedia

    Gigi sehat dan kuat ditandai dengan tidak mudah patah, warna yang cerah, serta tidak memiliki banyak plak yang menggerus gigi. Selain faktor asupan kalsium, plak-plak yang mengerak pada gigi juga memicu pengeroposan gigi akibat pertumbuhan bakteri. Untuk mencegah pengeroposan, Anda bisa secara rutin menambahkan makanan dan minuman untuk gigi sehat berikut ini :

    1). Wortel
    Wortel lebih banyak dikenal karena memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata, serta antioksidan yang cukup tinggi. Wortel biasa diminum dalam bentuk jus atau dikonsumsi sebagai campuran dalam masakan sup. Namun anda juga bisa memanfaatkan wortel sebagai makanan dan minuman untuk gigi sehat. Jika anda terbiasa mengonsumsi wortel dalam kondisi matang, cobalah untuk sesekali mengunyahnya dalam kondisi belum dimasak. Memakan satu batang wortel mentah bisa meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk mengurangi asam yang menempel pada gigi. Selain itu, anda akan mendapatkan kandungan vitamin yang lebih tinggi dalam kondisi mentah.

    2). Apel
    Apel memiliki manfaat untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit. Kandungan vitamin C pada apel tidak hanya memperbaiki sistem imun tubuh, namun juga sangat berguna untuk dalam pembentukan jaringan gusi. Selain itu juga bermanfaat dalam penyembuhan gusi berdarah dan infeksi gusi. Sebuah apel sehari sebelum tidur juga disarankan untuk membersihkan sela-sela gigi dan menetralkan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

    3). Sayuran Hijau
    Sayur-sayuran hijau seperti bayam, pakcoy, kangkung, dan brokoli menjadi pilihan yang makan & minuman yang baik untuk gigi sehat. Kalsium dari sayuran berguna untuk melindungi dan menggantikan enamel gigi. Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B bermanfaat dalam pengobatan berbagai masalah gusi. Jadi jangan sampai anda melewatkan sayuran hijau pada setiap porsi makan anda.

    4). Keju
    Keju merupakan bahan makanan yang sering dijadikan bumbu atau pelengkap berbagai makanan. Fermentasi susu sapi ini memiliki kandungan asam fosfat dan kalsium yang sangat tinggi untuk menetralkan asam mulut, serta kandungan kasein yang memperbaiki lapisan enamel gigi. Untuk menghindari gigi dari pembusukan, anda bisa membiasakan untuk mengonsumsi sepotong kecil keju setelah makan.

    5). Jeruk
    Berbagai macam jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Konsumsi rutin buah jeruk dapat membantu anda menangkal dan mencegah kerusakan gigi, terutama bagi anda yang menjadi perokok aktif. Selain itu, vitamin C juga menjadi antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas akibat asap rokok.

    6). Susu
    Sejak lama susu dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin B yang baik untuk pertumbuhan serta pergantian sel-sel tulang. Seperti keju, di dalam susu juga terdapat kasein yang membantu mencegah pengeroposan gigi. Konsumsi segelas susu sehari bisa membantu anda terbebas dari masalah gigi.

    7). Teh Hijau
    Jika anda menyukai minuman berkafein seperti teh dan kopi, biasanya akan membuat gigi anda menguning setelah konsumsi rutin beberapa waktu. Teh hijau dapat anda jadikan pilihan makanan & minuman untuk gigi sehat dan cerah tanpa menghambat asupan kafein anda. Teh hijau berbeda dari teh hitam yang bisa membuat gigi menjadi kuning.

    8). Air Mineral
    Air mineral atau air putih tidak hanya dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian pada tubuh saja, namun air dengan kandungan mineral cukup tinggi juga disarankan untuk menjaga kesehatan gigi. Rajin meminum air mineral akan meningkatkan produksi air liur. Saat ini juga banyak air mineral dengan pH tinggi yang memiliki unsur basa, sehingga berguna untuk menetralisir asam pada mulut.

    #gigi#Gizi#herbal#kesehatan
    10 September 2020 Last Updated 2020-10-06T04:45:29Z
    Komentar

    Tampilkan