Penyebab dan Pengobatan Sakit Gigi

Iklan Semua Halaman

Penyebab dan Pengobatan Sakit Gigi

Rabu, 21 Agustus 2019
Penyebab dan Pengobatan Sakit Gigi

Sakit gigi itu sangat mengganggu, membuat sulit untuk makan dan minum juga untuk tidur dan sulit untuk berkonsentrasi, bahkan mendengar suara keras sedikit saja bisa terganggu dan gigi menjadi semakin terasa sakit. Berikut ini adalah penyebab dan pengobatan sakit gigi. Secara umum sakit gigi itu bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.


Gigi Berlubang

Berlubangnya gigi bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan area mulut, jarang melakukan gosok gigi, terutama setelah makan dan menjelang tidur malam, sehingga bekas-bekas makanan akan menumpuk menyebabkan bakteri dan timbulnya plak, juga karies gigi dan lubang gigi. Sekecil apapun lubangnya maka akan bisa menjadi tempat bersembunyi bagi bakteri. Sehingga jika sudah mengenai syaraf gigi maka akan menimbulkan rasa nyeri.

Cara Pengobatan Gigi Berlubang
Dokter akan membersihkan area gigi yang berlubang dan lalu akan menambal gigi yang berlubang tersebut. Untuk sementara waktu sebelum ke dokter gigi maka bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dan juga daun sirih guna meredakan rasa sakitnya, atau bisa juga dengan meminum obat anti nyeri.


Tambalan Gigi yang Lepas atau Rusak

Nyeri di gigi juga bisa disebabkan karena tambalan gigi pada gigi yang berlubang itu lepas ataupun sudah rusak.

Cara Pengobatan
Sehingga gigi tersebut perlu dibersihkan dan lalu ditambal ulang.


Gigi Retak

Sakit gigi juga bisa akibat cederanya gigi yang rapuh akibat kurang gizi atau nutrisi pembentuk gigi pada saat mengunyah atau menggigit makanan yang keras atau akibat kebiasaan buruk sering menggeretakkan gigi atau bruxism, pada saat stres atau karena hal lainnya sehingga gigi kemudian mengalami retak. Akibat kebiasaan menggeretakkan gigi tersebut juga bisa berakibat hingga mengenai syaraf gigi dan gusi.

Cara Pengobatan
Pada gigi yang retak akan dibersihkan dan lalu ditambal jika area retaknya tidak terlalu luas, jika sudah terlalu besar dan parah hingga ke syaraf gigi dan gusi maka bisa dilakukan perawatan syaraf gigi dan gusi serta pemasangan crown untuk mengganti mahkota gigi yang sudah rusak atau dengan diberi pasak penyangga mahkota gigi. Pada tahap awal biasanya dokter gigi akan memberikan obat anti nyeri dan penambalan sementara, sebelum dirujuk ke dokter gigi spesialis perawatan akar gigi. Serta dicari penyebab masalah sehingga seringnya menggeretakkan gigi tersebut, jika penyebabnya adalah karena stress maka penyebab stresnya harus dihindari dan disembuhkan stresnya, jika itu adalah akibat kebiasaan buruk maka harus juga segera dihentikan, bisa juga dengan memasang behel tertentu guna mengatasinya.


Gigi Patah

Gigi juga bisa mengalami patah akibat saat terjatuh atau ketika mengalami kecelakaan sehingga mahkota gigi akan menjadi patah, yang jika dibiarkan maka gigi yang sudah tidak utuh lagi tadi, selain kurang estesis juga bisa menyebabkan nyeri gigi pada saat mengunyah karena terbukanya syaraf gigi sehingga akan lebih sensitif atau akibat terserang bakteri.

Cara Pengobatan
Jika area patahannya kecil dan bentuk mahkota gigi masih presisi dan proporsional sehingga masih memungkinkan untuk ditambal, dan tidak mengalami infeksi atau peradangan akar gigi dan juga gusinya, dan juga masih belum mati akar giginya, maka bisa segera dibersihkan area giginya dan dilakukan penambalan, jika tidak dan sudah parah maka bisa dilakukan perawatan akar gigi dan gusi lalu dipasangi mahkota gigi supaya bisa utuh kembali atau di crown atau dengan dipasangi pasak gigi guna memperkuat mahkota giginya, atau dicabut.


Radang Gusi dan Akar Gigi

Sakit nyeri gigi juga bisa diakibatkan oleh akibat peradangan gusi dan akar gigi yang terserang bakteri. Gingivitis atau radang dan bengkaknya gusi jika dibiarkan maka bisa menjadi parah dan menyebabkan periodontitis, yakni gusi menjadi bernanah, sakit berdenyut, benjolan radang dan juga menimbulkan bau mulut.

Cara Pengobatan
Cara pengobatannya adalah dengan dilakukan perawatan akar gigi dan gusi, guna mengatasi infeksi dan peradangannya.


Gigi Sensitif

Sakit gigi juga bisa terjadi sebagai akibat gigi yang sensitif, akibat penipisan enamel gigi, atau resesi gusi, dan lain sebagainya.

Cara Pengobatan
Sudah tersedia pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, bisa juga dioleskan salep gigi untuk gigi sensitif di area gusi yang mengalami penurunan hingga terbuka akar giginya. Lalu ke dokter untuk mendapatkan solusi lebih lanjut, bisa dengan pemasangan crown dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penyebab dan pengobatan sakit gigi yang umumnya dialami. Semoga bermanfaat.