7 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Iklan Semua Halaman

7 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Sabtu, 22 Juni 2019
dokpedia - 7 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sedang hits saat ini. Hampir siapa saja yang berusia di atas kepala 4 mengalami penyakit yang identik dengan rasa nyeri yang sangat ini. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Kurang selektif dalam memilih makanan berdampak pada meningkatnya potensi penyakit asam urat yang diderita dan sekaligus memperparah penyakit asam urat yang dikeluhkan. Oleh sebab itu, cara tepat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari asam urat adalah dengan menghindari makanan penyebab asam urat. Adapun beberapa makanan penyebab asam urat yang harus dihindari adalah:

1. Jeroan
Jeroan adalah makanan yang banyak sekali penggemarnya. Cocok dijadikan menu lalapan atau krengsengan. Rasanya mantap apalagi jika di olah dengan bumbu lengkap dan kombinasi bumbu yang pas. Biasanya, makanan ini tersusun dari paru, hati, ampela, otak, lidah, ginjal, usus dan juga limpa. Cita rasanya gurih. Namun jangan ditanya efeknya bagi kesehatan. Makanan ini kaya akan kandungan purin sehingga potensi terkena asam urat pun meningkat.

2. Makanan laut
Makanan yang berasal dari laut seperti cumi-cumi, ikan makarel, tuna, sampai dengan berbagai jenis hewan laut yang bercangkang rupanya mengandung kadar purin yang tidak sedikit. Kontrol konsumsi makanan laut agar kadar purin tetap terkontrol dengan baik.

3. Konsumsi daging merah
Wow, makanan olahan dengan bahan dasar daging merah sudah tidak diragukan lagi nikmatnya, apalagi yang namanya bakso, yummy!. Namun, frekuensi makannya perlu di kontrol dengan baik sebab terlalu banyak mengonsumsi daging merah berdampak buruk pada kadar purin dalam tubuh. Daging merah entah itu yang berasal dari domba, sapi, kambing maupun hewan yang berkaki empat lain umumnya kaya akan kandungan purin sehingga sebisa mungkin sebaiknya dihindari.

4. Berbagai jenis makanan olahan
Beragam jenis makanan olahan seperti dendeng dan daging abon rupanya kaya akan kandungan purin di dalamnya. Ya, selain jenis makanan tersebut, makanan yang di kemas dalam bentuk kaleng seperti sarden dan kornet tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebab akan berpengaruh pada kesehatan.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan banyak sekali penggemarnya. Apalagi saat di jadikan camilan dengan cita rasanya yang khas asin. Rupanya, ini bukanlah pilihan makanan yang tepat bagi Anda yang ingin mengontrol kadar purin dalam tubuh. Sesekali boleh lah makan camilan kacang, namun tetap dalam kadar yang sewajarnya saja ya.

6. Jenis sayuran tertentu
Yup, sayuran umumnya direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan direkomendasikan bagi kesehatan. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang tidak sebaiknya dikonsumsi untuk menghindari bahaya asam urat. Diantaranya adalah asparagus, kangkung, bayam, jamur kuping, kol, serta daun singkong dimana kandungan yang ada di dalamnya mampu meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Memang, berdasarkan penelitian, efek yang di hasilkan tidak separah saat mengonsumsi daging merah, namun kontrol atas konsumsi makanan tersebut tetap harus dikendalikan agar asam urat yang dialami tidak semakin parah.

7. Daging angsa
Daging angsa adalah makanan yang gurih, lezat dan selalu dirindukan. Ya, daging angsa dan daging kalkun adalah makanan yang menggiurkan karena kelezatan yang dimilikinya. Agaknya, penderita asam urat sebaiknya mengontrol konsumsi daging kalkun dan daging angsa jika tidak ingin penyakit asam urat yang dialami menjadi lebih parah.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar purin dalam tubuh. Kandungan purin yang tinggi berpengaruh pada meningkatnya potensi asam urat yang ditandai dengan beberapa gejala yang tidak mengenakkan, seperti nyeri dan sulit untuk digerakkan. Yuk, hindari makanan penyebab asam urat di atas agar kadar purin tetap terkontrol.