Ingin Menjaga Kesehatan Anak Anda Sampai Ia Dewasa? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!

Iklan Semua Halaman

Ingin Menjaga Kesehatan Anak Anda Sampai Ia Dewasa? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!

Jumat, 26 Oktober 2018
kesehatan anak

Orang tua mana yang tidak menginginkan hal yang terbaik bagi buah hatinya? Tentu saja setiap orang tua ingin memastikan bahwa putra-putri mereka selalu sehat sampai mereka dewasa kelak. Karena itulah kesehatan anak wajib hukumnya untuk Anda laksanakan sebagai orang tua.
Akan tetapi, dalam hal kesehatan anak, perkara ini tidak semudah kedengarannya. Sebab, menjaga kesehatan harus jadi sebuah kebiasaan dan gaya hidup, sehingga nantinya menjadi kebiasaan dan gaya hidup yang sehat pula. Meski demikian, bukan berarti menjaga kesehatan anak itu mustahil untuk dilakukan. Simak tipsnya berikut ini!

Perhatikan dan Penuhi Nutrisinya
Salah satu kunci penting menjaga kesehatan buah hati ada pemberian nutrisi dalam jumlah yang tepat. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk Anda lakukan karena bisa dimulai dengan membiasakan pola makan yang seimbang dengan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang berasal baik dari sayur maupun buah.
Ketika Anda memasak, metode memasak seperti mengukus, memanggang, dan menumis lebih baik dibandingkan menggoreng, apalagi dengan banyak minyak. Dan ganti camilan tidak sehat dengan buah segar. Ukuran porsi makan pun perlu diperhatikan, dan biasakan untuk selalu sarapan setiap hari.

Biasakan Anak untuk Bergerak Aktif
Anak-anak pastinya suka sekali menghabiskan waktu sampai berjam-jam di depan TV menonton acara kartun kesayangan mereka. Apalagi masih ada video game dan bahkan sekarang pun anak kecil sudah jago bermain smartphone. Akibatnya, mereka jadi punya kecenderungan malas bergerak yang tentu tidak berdampak positif pada kesehatan mereka.
Sebelum terlambat, biasakan buah hati untuk berolahraga sejak kecil. Dengan tubuh yang bergerak aktif, maka berbagai jaringan otot, persendian, dan tulang pun mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik, Selain itu, berolahraga juga bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan tubuh dan melatih badan untuk bisa berkoordinasi dengan baik.

tips menjaga kesehatan anak sampai dewasa

Berikan Pemahaman Tentang Pentingnya Kebiasaan Sehat
Selain menerapkan, jangan lupa untuk memberikan pemahaman atau mengedukasi anak Anda tentang pentingnya kesehatan. Tentunya, cara penyampaiannya perlu disesuaikan dengan usia buah hati Anda. Selain kebiasaan dan gaya hidup sehat secara keseluruhan, berikan juga pemahaman tentang pubertas kepada anak, terutama jika ia sudah semakin mendekati usia remaja. Sebab, hal ini juga berkaitan tentang bagaimana menjaga kebersihan di area pribadi mereka.

Berikan Imunisasi yang Dibutuhkan dan Disyaratkan
Imunisasi merupakan langkah awal pencegahan bahaya berbagai penyakit pada anak sejak dini. Dan di Indonesia, ada 5 macam imunisasi yang wajib diberikan sejak anak lahir: Hepatitis B, polio, campak, BCG, dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). Kelimanya bahkan diberikan secara gratis melalui Posyandu.
Selain itu, ada juga beberapa jenis vaksin lainnya yang perlu diberikan kepada anak. Misalnya vaksin flu, vaksin HPV, vaksin varisela, dan vaksin PCV (pneumokokus).

Berikan Contoh yang Baik untuk Anak
Tentunya, jangan lupa bahwa kebiasaan anak adalah apa yang ia contoh dari orang tua. Dan jika Anda memang serius ingin agar buah hati Anda mampu menjaga kesehatan diri mereka sejak dini, maka Anda pun perlu menjadi panutan bagi mereka. Jadi, Anda juga perlu menjalankan berbagai kebiasaan baik dan sehat yang Anda ingin buah hati Anda lakukan. Selain itu, stop kebiasaan merokok maupun mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol agar kebiasaan tersebut tidak ditiru sang anak.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan anak Anda sampai ia dewasa nanti. Segera terapkan sekarang juga sebelum terlambat!