Tips Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Buah Hati

Iklan Semua Halaman

Tips Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Buah Hati

Kamis, 04 Oktober 2018
saluran cerna buah hati

Tentunya Anda sudah tahu pentingnya menjaga kesehatan buah hati kesayangan Anda. Tak terkecuali kesehatan saluran cerna, yang memainkan peran besar terutama dalam hal pertumbuhan otak anak, tumbuh kembang fisik, serta pencernaan. Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam menjaga kesehatan pencernaan anak yang perlu Anda perhatikan.

Berikan ASI Eksklusif pada Bayi
Dari jutaan manfaat ASI untuk si kecil, salah satunya adalah berbagai kandungan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil sejak masih bayi. Beberapa dari kandungan nutrisi penting tersebut adalah lemak, protein, dan kasein. Yang membuat ASI baik untuk kesehatan saluran cerna adalah sifatnya yang mudah diserap si kecil, sehingga saluran cernanya tidak akan terganggu. Apalagi ASI juga kaya akan probiotik yang bermanfaat untuk menjaga saluran cerna serta memberikan kekebalan pada tubuh anak.

Konsumsi Sayur dan Buah
Pastinya manfaat sayur dan buah tidak perlu diragukan lagi, dan salah satunya adalah kandungan seratnya untuk kesehatan saluran cerna yang selalu sempurna. Selain itu, jangan lupa untuk pastikan bahwa kebutuhan cairan buah hati Anda tercukupi. Selain air putih, sesekali berikan juga jus sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan cairan anak Anda. Apalagi ada banyak kreasi jus sayur dan buah yang sehat dan pastinya sama lezatnya untuk buah hati.

Jaga Buah Hati Tetap Aktif
Setelah memberikan ASI eksklusif untuk kesehatan buah hati luar dan dalam, berikan juga makanan pengganti ASI yang tepat serta kaya serat. Akan tetapi, jangan lupa untuk pastikan bahwa buah hati Anda juga cukup bergerak. Pastikan si kecil tetap aktif dengan mengajaknya berolahraga. Tentu saja porsi olahraganya harus disesuaikan dengan usia buah hati Anda. Selain itu, bermain dengan si kecil juga salah satu bentuk dari aktivitas fisik, lho. Metabolisme si kecil pun bisa ditingkatkan dengan berolahraga karena tubuh yang aktif akan menstimulasi saluran cerna untuk mengoptimalkan aktivitas pencernaan, sehingga gizi dapat terserap dengan baik oleh usus dan risiko obesitas dapat dihindari.

Konsumsi Probiotik
Serat alami dari sayur, buah, dan berbagai jenis kacang-kacangan sangat bermanfaat dalam menjaga dan menunjang kesehatan saluran cerna. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan probiotik kepada anak Anda, salah satunya dengan menambahkan yogurt ke dalam menu makan si kecil setiap hari. Sebab, ada kandungan bakteri baik di dalam yogurt alias probiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan saluran pencernaannya. Apalagi Anda juga bisa menyajikan yogurt dengan berbagai cara. Misalnya dengan ditambah potongan buah segar, ditambah madu, atau diolah jadi smoothies yang segar.

Tips menjaga kesehatan saluran cerna buah hati

Hindari Makanan Kalengan
Pada intinya, seperti apa kondisi saluran cerna buah hati sangat dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Maka, perhatikan bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh buah hati, terutama mengingat akibatnya pada tubuh serta kesehatan saluran cerna si kecil. Contohnya adalah makanan kaleng yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik dan sehat, seperti enzim serta serat. Selain itu, makanan kaleng juga mengandung minyak trans serta berbagai jenis bahan pengawet makanan. Jika bahan-bahan tersebut saja tidak baik untuk orang dewasa, apakah Anda tega memberikannya kepada buah hati kesayangan Anda?

Beri Contoh Sehat untuk Si Kecil
Agar buah hati Anda ikut bersemangat menjaga kesehatan saluran cerna, Anda sebagai orang tua juga perlu memberikan contoh yang baik. Misalnya, Anda juga perlu ikut mengubah pola dan menu makan agar jadi lebih sehat dan rutin mengajak anak Anda untuk berolahraga. Dengan demikian, bukan si kecil saja yang terjaga kesehatannya, karena kesehatan Anda pun ikut terjaga!