4 Langkah Pencegahan Kaki Gajah

Iklan Semua Halaman

4 Langkah Pencegahan Kaki Gajah

Senin, 29 Oktober 2018
penyakit kaki gajah

Salah satu penyakit menular yang perlu kita waspadai adalah penyakit kaki gajah. Penyakit ini penularannya bisa melalui gigitan nyamuk loh. Berbeda dengan penyakit DBD atau Malaria yang hanya ditularkan oleh satu jenis nyamuk tertentu, penyakit kaki gajah atau Filariasis dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk. Prosesnya terjadi dari nyamuk yang menghisap darah orang yang terkena penyakit kaki gajah, Nah, apabila nyamuk tersebut kemudian menghisap darah orang lain lagi, secara otomatis orang kedua akan terjangkit penyakit ini.
Setelah penderita tersebut digigit nyamuk, jaringan sistem limpanya akan terinvasi oleh parasit akibat dari gigitan itu. Penyakit kaki gajah ini bisa dibilang kronis. Karena jika tidak memperoleh pengobatan yang cepat, akan menyebabkan kecacatan yang permanen.
Penyakit kaki gajah ini akan membuat si penderitanya mengalami pembesaran pada beberapa bagian tubuh seperti pembesaran di bagian lengan, kaki dan bahkan sampai pada alat kelamin juga. Penyakit ini bisa menyerang baik wanita maupun pria. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara pencegahan kaki gajah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjangkitnya penyakit menular satu ini. Check this out!

Hindari Gigitan Nyamuk
Anda harus hindari gigitan nyamuk. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan misalnya:
•  Pasang kelambu ketika hendak tidur.
•  Gunakan obat nyamuk oles di seluruh tubuh Anda.
•  Gunakan obat nyamuk semprot atau bakar di ruangan yang banyak nyamuknya.
•  Pastikan ventilasi rumah tertutup dan pakailah kawat kasa nyamuk.
•  Tanamlah lavender yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Jagalah Kebersihan Lingkungan
Sebelum penyakit kaki gajah ini menyerang, maka Anda perlu melakukan berbagai pencegahan karena penyakit ini akan membuat Anda tidak percaya diri karena gembungnya salah satu bagian tubuh. Oleh karena itu, mulailah dari menjaga kebersihan lingkungan Anda terutama pada bagian yang gelap dan ada genangan air karena disanalah umumnya yang menjadi sarang nyamuk. Ciptakanlah lingkungan yang bersih, karena lingkungan yang kotor adalah sumber penyakit.
Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan rajin membuang sampah dan meletakkan sampah jauh dari rumah Anda. Setelah itu, rajin – rajinlah menyapu bagian pekarangan rumah dan bersihkan sarang laba – laba yang ada karena biasanya nyamuk suka hinggap di sana.

Jaga Kebersihan Diri
Tidak hanya memperhatikan lingkungan. Namun, penting bagi Anda untuk memperhatikan kebersihan diri sendiri. Tubuh yang kotor tentu akan penuh bakteri. Bakteri inilah yang kemudian bisa membuat sistem imun Anda lemah. Dan biasanya nyamuk juga sangat suka dengan tubuh manusia yang bau dan kotor. Caranya adalah dengan rajin membersihkan diri seperti mandi 2 sampai 3 kali sehari. Rajin menggunakan minyak kayu putih atau wewangian. Pakai lotion nyamuk juga bisa agar memproteksi diri dari nyamuk.

pencegahan kaki gajah

Jangan Lupa Minum Obat Pencegah Kaki Gajah
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar terlepas dari penyakit yang satu ini adalah dengan minum obat pencegah kaki gajah. Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sistem imun yang kebal terhadap penyakit juga penting sebagai proteksi dari dalam. Pemerintah sendiri menetapkan bulan Oktober sebagai bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) dengan program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis sebanyak 1 dosis setiap tahun selama minimal 5 tahun berturut-turut. Seluruh penduduk yang berusia antara 2-70 tahun dan tinggal di wilayah endemis penyakit kaki gajah atau Filariasis wajib untuk meminum obat pencegahan kaki gajah.
Obat pencegah penyakit kaki gajah yang diberikan pada POPM, terdiri dari kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC) 100 mg dan tablet Albendazole 400 mg. Adapun dosisnya untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, dan bagi yang berusia di atas 14 tahun mendapat 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole. Selain membunuh cacing filaria, obat ini juga mampu membunuh cacing lainnya, sehingga mendapat manfaat ganda, karena selain mencegah filaria, juga mencegah kecacingan.

Nah, bagaimana? apakah beberapa cara pencegahan kaki gajah di atas sudah Anda lakukan? Mulai kini, jagalah kesehatan Anda dan lingkungan. Lalu, jangan lupa Minum Obat Pencegah Kaki Gajah di bulan Oktober ini ya!