Ini Dia 3 Cara Mudah Mencegah Alzheimer

Iklan Semua Halaman

Ini Dia 3 Cara Mudah Mencegah Alzheimer

Minggu, 29 Juli 2018

Hasil konferensi Internasional para dokter ahli dan peneliti penyakit Alzheimer 2014 di Kopenhagen, Denmark memperkirakan jumlah penderita Alzheimer akan meningkat tiga kali lipat atau sekitar 150 juta jiwa di seluruh dunia pada 2050 dari prevalensi saat ini sebesar 44 juta orang. Di Indonesia, meski belum ada prevalensi yang jelas namun beberapa sumber menyatakan, jumlah penderita Alzheimer di Indonesia diperkirakan mencapai satu juta orang dengan kenaikan jumlah penderitanya sekitar 3,5-4 persen. 

Alzheimer sendiri merupakan penyakit progresif, yang disebabkan oleh rusaknya struktur kimia otak dari waktu ke waktu. Akhirnya penyakit ini menyebabkan kemampuan seseorang untuk mengingat, memahami, berkomunikasi dan berpikir secara bertahap pun menurun.

Untuk mencegahnya, Profesor Psikiatri dari UCLA (University of California, Los Angeles) Semel Institute, Amerika Serikat, Dr Gary Small memberikan tiga cara mudah cegah Alzheimer sebagai berikut:

1). Pola Hidup Sehat.
Sebuah penelitian menyebutkan dengan pola hidup sehat misalnya, berhenti merokok dan minum alkohol, bukan hanya memberikan dampak kesehatan jangka pendek tapi juga dampak panjang seperti Alzheimer. "Penuaan tidak dapat dihindari, tapi dampak negatifnya bisa diperlambat dengan bantuan nutrisi yang baik".
2). Olahraga.
Meski genetika biasanya menjadi pencetus Alzheimer, namun sebuah studi menemukan orang yang rutin berolahraga bisa menurunkan risiko penyakit ini. Salah satu studi menyebutkan, jalan 15 menit saja bisa menurunkan risiko Alzheimer. Dr. Gary menambahkan, selain berjalan, Anda juga bisa mencoba meditasi, taichi, yoga untuk meningkatkan memori dan mengurangi risiko alzheimer.
3). Mengelola Stres.
Salah satu orang yang paling rentan terkena Alzheimer adalah orang yang dalam kehidupannya penuh dengan stressor. Jadi kelola stres dengan melakukan aktivitas positif dengan terus belajar dan berinteraksi dengan teman.