Faktor Seseorang Mudah Terkena Diabetes

Iklan Semua Halaman

Faktor Seseorang Mudah Terkena Diabetes

Rabu, 24 Agustus 2016
faktor risiko diabetes

Risiko diabetes semakin meningkat terutama bila Anda memasuki usia 40-an, menjalani hidup santai, dan kurang gerak, memiliki tubuh mulai gemuk, apalagi kalau sudah ada keluhan-keluhan yang mungkin disebabkan diabetes. Setiap orang perlu mengetahui faktor-faktor risiko timbulnya diabetes. Perhatikan faktor-faktor yang mudah membuat seseorang terkena diabetes:
  1. Keturunan: Bila ada anggota keluarga terkena diabetes, Anda juga berisiko jadi pasien diabetes.
  2. Ras atau etnis: Orang berkulit hitam lebih mudah terkena diabetes daripada kulit putih. Orang Asia juga punya risiko tinggi mengidap diabetes.
  3. Usia: Risiko terkena diabetes akan meningkat dengan bertambahnya usia, terutama pada usia di atas 40 tahun.
  4. Obesitas: Semakin banyak lemak menimbun di perut, semakin sulit insulin bekerja, sehingga gula darah akan mudah naik.
  5. Kurang gerak badan: Makin kurang bergerak badan, makin mudah seseorang terkena diabetes.
  6. Kehamilan: Diabetes terjadi pada 2-5% wanita hamil.
  7. Infeksi: Infeksi virus bisa menyerang pankreas, merusak sel pankreas, dan menimbulkan diabetes.
  8. Stres: Stres menyebabkan hormon counterinsulin (yang kerjanya berlawanan dengan insulin) menjadi lebih aktif sehingga meningkatkan glukosa darah.
  9. Obat-obatan: Beberapa obat dapat meningkatkan kadar gula darah. Contoh: hormon steroid, beberapa obat antihipertensi (penyekat beta dan diuretik), obat penurun kolesterol (niacin), obat tuberkulosa (INH), obat asma (salbutamol dan terbutaline), obat HIV (pentamidine, protease inhibitors), dan hormon tiroid (levothyroxine).
Setelah melihat sembilan faktor risiko di atas, Anda mendapatkan bahwa tiga faktor pertama (keturunan, ras, dan usia) memang tidak bisa diubah. Kendati demikian, enam faktor lainnya seharusnya bisa kita kendalikan. Jika benar-benar memahami apa saja yang bisa menyebabkan gula darah melampaui batas, Anda seharusnya bisa mengalahkan penyakit diabetes.