BLANTERORIONv101

7 (Tujuh) Cara Diet Sehat

6 Juli 2022
dokpedia - cara diet sehat

7 (Tujuh) Cara Diet Sehat

Berat badan yang berlebih bisa menimbulkan obesitas, yang tak hanya mempengaruhi penampilan, tapi juga bisa membahayakan kesehatan. Sehingga perlu melakukan diet, diet sehat tentunya.

Berat badan yang berlebih itu terjadi akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh yang tidak diimbangi dengan jumlah kalori yang dikeluarkan, yang tidak sebanding dengan jumlah kalori dari makanan yang masuk, maka kalori tersebut lantas menumpuk dan kemudian berubah menjadi lemak. Lemak itu membuat perut jadi buncit, lalu ukuran paha dan lengan bertambah besar, lemak juga menghambat peredaran darah. Berikut ini cara Diet Sehat, yang bisa dilakukan.

Ketahui Jumlah Kalori yang Dibutuhkan

Jumlah kalori harian pria dan wanita bisa berbeda-beda. Begitu juga dengan kondisi kesehatan tubuh dan usia juga aktivitas harian tiap orang yang akan memerlukan kalori yang berbeda-beda. Kunjungi dokter ahli gizi guna mengetahui kebutuhan kalori yang tepat per harinya dan konsultasikan variasi menu makan tiap hari yang tepat dan sesuai selera, tapi tetap sehat.

Pilih Makanan yang Tepat

Lalu pilih makanan yang tepat agar kalori yang berlebih tidak menumpuk dalam tubuh dan bisa dipakai untuk berbagai kegiatan. Jaga menu makan gizi seimbang. Sekitar seperempat porsi berupa sumber protein, lalu seperempatnya lagi karbohidrat, dan kemudian sisanya berupa sayuran hijau dan aneka warna. Hindari lemak jahat, apalagi lemak trans. Ketahui benar kandungan tiap bahan makanan yang hendak disantap. Jangan makan melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tiap harinya.

Imbangi dengan Gerak Tubuh

Kalori yang masuk bisa dibakar dengan melakukan gerak tubuh yang cukup. Usahakan melakukan olah raga secara rutin. Dalam keseharian bisa juga lebih memilih jalan kaki daripada menggunakan kendaraan. Bisa juga memilih naik tangga daripada menggunakan lift atau tangga eskalator, dan laun sebagainya.

Minum Cukup Air Putih

Jangan sampai mengalami dehidrasi. Air sangat diperlukan untuk mencerna berbagai makanan yang masuk, dan menjaga agar kulit tubuh tidak menjadi kering dan keriput setelah diet berhasil dan berat badan mulai turun, menjaga agar kulit tetap elastis meski tubuh menjadi makin kecil. Kebutuhan tubuh akan air putih sekitar 8 gelas per hari.

Lakukan Puasa

Kemudian guna menguras lemak tubuh yang menumpuk maka lakukan puasa. Puasa yang benar diawali dengan melalukan sahur dan lalu berbuka, berpuasa tidak lebih dari selama sekitar 16 jam. Lalu bisa melakukan puasa lagi. Bisa lakukan puasa tiap hari jika ingin cepat kurus hingga tercapai berat badan yang ideal, dan guna memelihara berat badan bisa lakukan puasa selama seling sehari puasa sehari tidak atau puasa senin dan kamis. Dalam melakukan buka dan sahur selalu perhatikan pilihan makanannya. Tetap pilih menu makan yang sehat dan berimbang.

Kurangi Konsumsi Gula

Hindari makan dan minum yang manis-manis. Hal itu sumber lemak juga dalam tubuh.

Cukup Tidur Berkualitas

Pola tidur yang salah bisa menimbulkan rasa lapar. Tidur dalam gelap akan memunculkan hormon pelangsing tubuh.

Itulah cara diet sehat dan tips untuk diet sehat. Selamat mencoba.