Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Trimester Pertama - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Kamis, 01 November 2018

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Trimester Pertama

kehamilan trimester pertama

Kesehatan ibu hamil, terlebih di trimester pertama, sangatlah penting. Sebab, di usia kehamilan muda ini merupakan pintu gerbang menuju tahapan berikutnya dalam proses kehamilan. Kesehatan tubuh ibu yang sedang hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan janin yang dikandungnya. Ibu yang sehat, sang janin juga akan sehat dan kuat.
Sebenarnya, pentingnya kesehatan ibu ini sudah sangat dipahami para ibu hamil. Hanya saja, untuk melewati trimester pertama dengan sehat, sangatlah sulit. Pekerjaan yang padat dan serangan morning sickness menjadi kendala utamanya. Nah, agar Anda tetap sehat meskipun harus mengalami morning sickness dan menjalani pekerjaan yang menumpuk, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat
Mengonsumsi makanan sehat sudah menjadi harga mati bagi ibu hamil. Meskipun sedang mengalami morning sickness, menjaga untuk selalu mengonsumsi sehat tetap harus diutamakan. Bagi Anda yang kemudian sangat sensitif terhadap bau masakan tertentu, hindari untuk tidak mengonsumsinya. Pilihlah makanan lain yang pastinya sangat bergizi. Sedangkan, bagi Anda yang terserang sakit maag, bisa menghindari coklat, tomat, cuka, produk mint, makanan pedas, berlemak, dan makanan yang digoreng.

2. Makan secara Teratur
Di awal kehamilan, pada umumnya ibu hamil enggan makan secara teratur, terlebih jika sensitif terhadap aroma makanan. Namun begitu, bukan berarti Anda kemudian mengabaikan pentingnya mengonsumsi makanan. Makanan berserat tinggi dan banyak minum air putih sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu, Anda juga harus teratur dalam mengatur jadwal makan. Hal ini untuk menjamin pasokan nutisi bagi janin dan juga menghindari terjadinya sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Meskipun sedang hamil, kesehatan kulit juga harus diperhatikan. Pada umumnya, ibu hamil, terutama di trimester pertama, mengalami kekeringan kulit. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang memicu rasa malas untuk melakukan aktivitas, termasuk menjaga kesehatan kulit. Dalam kondisi seperti ini, Anda bisa menjaga kesehatan kulit dengan menghindari sabun yang dapat mengeringkan kulit. Akan lebih baik jika menggunakan gel mandi pelembab. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap terasa bugar dan bersih.

tips menjaga kesehatan ibu hamil


4. Menghindari Terserang Penyakit
Ibu hamil muda sangat rentan tertular penyakit. Pada umumnya, pilek dan flu menjadi penyakit yang paling sering dialami ibu hamil. Pada kondisi sakit seperti ini, jelas Anda akan semakin tersiksa. Tidak hanya morning sickness dan sensitif terhadap aroma makanan, Anda juga harus melawan penyakit yang menyerang. Oleh karena itu, usahakan secara maksimal untuk menghindari terkena penyakit. Anda bisa melakukannya dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum makan, menyiapkan makanan, maupun saat datang dari luar.

5. Istirahat yang Cukup
Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah istirahat yang cukup. Ibu hamil muda harus banyak istirahat. Tidak hanya memenuhi kebutuhan waktu tidur yang cukup, Anda juga harus memperhatikan kondisi janin di dalam kandungan. Jika terasa nyeri meskipun sedikit, segera hentikan pekerjaan dan beristirahat. Sebab, ini merupakan sinyal dari janin bahwa Anda harus beristirahat sejenak. Istirahat yang cukup ini juga bisa menghindarkan stres yang dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu hamil, termasuk janin yang ada di dalam kandungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar