Tidak Selalu Buruk, Ternyata Ada 3 Manfaat Shopping Bagi Wanita - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Rabu, 29 Agustus 2018

Tidak Selalu Buruk, Ternyata Ada 3 Manfaat Shopping Bagi Wanita

shopping - dokpedia

Tidak ada wanita yang tidak suka shopping atau berbelanja. Hampir setiap wanita menikmati sensasi memilih dan membeli barang-barang bagus di pasar tradisional maupun di mal-mal besar. Shopping menjadi sangat merugikan jika harga barang belanjaan jauh lebih besar ketimbang penghasilan Anda dalam sebulan, berbelanja dapat menjadi hal yang lebih buruk bila Anda banyak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan hingga menumpuk dan pada akhirnya tidak digunakan sama sekali. 

Namun tidak selamanya berbelanja itu dikaitkan dengan hal-hal buruk, belanja bisa juga menjadi sarana menghilangkan stres sekaligus menyehatkan tubuh. Memang benar bahwa berbelanja tidak sebagus berolahraga secara intens. Namun, berbelanja memiliki manfaat kesehatan baik fisik, psikologis dan sosial. Berikut ini akan dijelaskan lebih dahulu tentang 3 manfaat shopping, antara lain:


1). Manfaat Kesehatan Fisik
a. Melepaskan hormon baik dalam tubuh 
Pergi berbelanja dapat melepaskan hormon oksitosin dan endorfin dalam tubuhmu. Hormon tersebut memberi otakmu dengan pikiran positif dan rasa menyenangkan serta membantu meningkatkan semangatmu. Sehingga tidak membuatmu lelah dengan cepat padahal kamu sudah seharian memutari pasar atau mal.

b. Membantu menghilangkan kalori
Jika ingin berolahraga tanpa merasa lelah, cobalah berbelanja. Selain bisa mengurangi stres, shopping dengan berjalan kaki sama sehatnya dengan olahraga jalan kaki. Saat mengitari mal atau pasar tradisional yang jaraknya ratusan meter bahkan hingga kiloan meter, tanpa sadar Anda sudah berolahraga ringan jalan kaki. Akhirnya, tanpa disadari anda sudah menghabiskan ratusan kilo kalori dalam tubuh ketika berjalan dari satu toko ke toko lain.

c. Meningkatkan koordinasi panca indra
Dengan berbelanja, jaringan di panca indra kita menguat sehingga dapat mempertajam koordinasi panca indra. Kamu akan lebih aktif dan waspada saat mendorong troli belanja atau memeriksa barang belanjaan dan, pada saat yang sama, kamu mengawasi anak atau mengambil sesuatu yang kamu inginkan sebelum diambil oleh orang lain.

d. Mengasah otakmu dengan berhitung 
Untuk sebagian orang, menyelesaikan masalah matematika bisa jadi tantangan tersendiri. Tapi, berbelanja dapat meningkatkan perhitungan matematikamu seperti untung, rugi, diskon, hingga mencari perbedaan harga. Ketika kamu memilih dua barang, kamu akan melakukan kalkulasi di otak berapa banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dan perbedaan harganya.


2). Manfaat Psikologi
a. Menghilangkan rasa sedih 
Meskipun tidak akan berlangsung selamanya, tapi terkadang, dengan berbelanja dapat menghilangkan masalah dipikiranmu. Saat berbelanja dan membeli barang belanjaan yang kamu sukai. Dengan cara ini otakmu melepaskan hormon endorfin. Sehingga kamu akan merasa bahagia dan sejenak melupakan rasa sedih dan masalahmu.

b. Melatih kesabaran
Shopping juga mengajarkanmu untuk bersabar. Kamu perlu bersabar dengan penjual ketika ia terlalu lama menunjukkan barang yang kamu inginkan. kamu juga belajar bersabar dengan sesama pembeli lain saat barang yang kamu inginkan diambil lebih dahulu oleh pembeli lain. Begitu pula ketika mengantri di kasir, kamu dapat melatih kesabaranmu.


3). Manfaat Sosial 
a. Menguatkan hubungan sosialmu dengan keluarga atau teman 
Berbelanja dapat meningkatkan hubungan sosialmu. Sebagian besar dari kita berbelanja dengan orang yang kita cintai terutama anggota keluarga atau teman dekat. Dengan melakukan ini, kita menghabiskan waktu bersama mereka. Banyak interaksi dan komunikasi yang terjalin daripada berdiam diri dirumah. Shopping sangat penting untuk merawat kesehatan emosionalmu.

b. Mengajarkan manajemen
Belanja dapat meningkatkan keterampilan kamu memanage waktu, keterampilan sosial, dan lain-lain. Padahal Anda tidak berbelanja sepanjang hari dan umumnya lebih banyak memperbaiki waktu untuk diri sendiri. Kemudian dengan melatih manajemen waktumu saat shopping, kamu memastikan bahwa kamu dapat menyelesaikan berbelanja dengan waktu yang telah ditetapkan. 


Itulah 3 manfaat yang bisa diambil dari shopping, tetapi tetap akan menjadi berkebalikan bilamana harga-harga barang yang akan dibeli sangat banyak atau mahal. Agar pengeluaran Anda tidak membengkak akibat tergoda membeli terlalu banyak barang, lakukan saja "window shopping".

Arti dari istilah ini bukanlah "berbelanja jendela" namun memiliki makna sederhana, yaitu hanya melihat-lihat barang yang terpampang di jendela atau etalase toko yang Anda kunjungi tanpa harus membelinya karena memang harga barang tersebut cukup tinggi atau tidak dibutuhkan. sering kali saat melakukan window shopping Anda merasa tergoda dengan eloknya barang-barang yang terpampang di toko.

window shopping

Untuk menghindari hal tersebut, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah bawa uang tunai yang tidak terlalu besar dan tinggalkan kartu kredit, kartu debit, atau kartu ATM Anda di rumah. hal tersebut akan membuat Anda berpikir untuk tidak membeli seluruh barang yang Anda lihat karena memang tidak membawa cukup uang untuk membayarnya, cukup puaskan pikiran dan jiwa Anda dengan melihat eloknya barang-barang di hadapan Anda tanpa harus memboroskan pengeluaran bulanan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar