BLANTERORIONv101

11 (Sebelas) Cara diet sehat dan cepat

18 Juli 2022
dokpedia - cara diet sehat dan cepat

11 (Sebelas) Cara diet sehat dan cepat

Memiliki tubuh langsing menjadi idaman tiap orang. Hal itu bisa dicapai dengan melakukan Diet sehat. Jangan sampai mau langsing tapi malah jatuh sakit akibat cara diet yang salah. Berikut ini Cara diet sehat dan cepat.

1. Kurangi Asupan Kalori

Tubuh gemuk terjadi akibat jumlah kalori masuk yang tidak diimbangi dengan pengeluaran kalori sehingga lalu menumpuk dan menjadi lemak dalam tubuh.

2. Kunyah Makanan secara Perlahan

Jangan makan secara terburu-buru tapi kunyah makanan dengan perlahan agar tidak memberatkan kerja sistem pencernaan dan tidak makan terlalu banyak melebihi kebutuhan.

3. Awali Makan dengan Minum Terlebih Dahulu

Minum dulu sebelum makan akan menimbulkan rasa kenyang dan lalu nafsu makan pun akan berkurang.

4. Lakukan Puasa

Puasa bisa membantu agar tubuh menggunakan cadangan lemak dalam tubuh untuk beraktivitas, sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih langsing. Jika ingin hasil yang cepat maka lalukan puasa setiap hari. Jangan lupa awali puasa dengan bersahur terlebih dahulu, dan setelah jangka waktu maksimal sekitar selama 16 jam berpuasa segera lakukan buka puasa.

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat dari berbagai sayuran dan buah akan membantu mengikat lemak dan berbagai racun dalam tubuh agar bisa terbawa keluar dan tidak tertinggal di dalam tubuh.

6. Lakukan Gerak Tubuh yang Cukup

Bisa pilih berjalan daripada menggunakan kendaraan. Lalu juga bisa memilih naik turun lewat tangga daripada menggunakan lift atau eskalator. Guna menghilangkan perut yang buncit maka bisa lakukan gerakan plank, sit up dan crunch secara rutin tiap hari.
Plank adalah posisi menelungkup dengan disangga siku dan tangan lalu pertahankan posisi itu selama beberapa saat dan lalu ulangi beberapa kali. Sesuaikan dengan kemampuan. Sit up adalah gerakan tubuh dengan terlentang lalu majukan badan dan kepala ke arah ujung jari kaki, secara berulang-ulang. Sedangkan crunch adalah gerakan terlentang dengan lutut ditekuk lalu gerakkan tubuh dan kepala yang disangga kedua tangan ke arah lutut, lalukan berulang-ulang. Beberapa gerakan tersebut sangat efektif untuk menghilangkan perut yang buncit.

7. Hindari Konsumsi Manis

Baik dari makanan maupun minuman, stop konsumsi gula.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Lalu cukupi kebutuhan tubuh akan air dengan minum air putih sekitar 8 gelas per hari. Bisa dalam suhu hangat atau sedang, normal, tapi usahakan tidak dingin.

9. Minum Air Jahe Jeruk Nipis

Ramuan minuman ini akan membantu melarutkan lemak agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

10. Konsumsi Teh dan Kopi Tanpa Gula

Minuman berkafein, yaitu kopi serta teh, akan meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Dengan meningkatnya kadar hormon epinefrin maka, lemak dalam tubuh pun akan mudah dipecah maka berat badan pun lalu akan menjadi turun.

11. Tidur dengan Benar

Tidur dalam gelap, sehingga tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Salah satu fungsi melatonin ialah mengatur metabolisme energi dalam tubuh. Melatonin juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menekan respon inflamasi atau peradangan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dengan perbaikan sel-sel tubuh yang cepat. Lakukan tidur berkualitas dalam waktu yang cukup. Tapi jangan langsung tidur habis makan, beri jeda sekitar 1 jam.

Lakukan beberapa hal tersebut di atas maka tubuh pun akan bisa langsing secara aman, sehat dan cepat.