BLANTERORIONv101

Vitamin B Komplek Yang Bagus Untuk Kesehatan

8 Oktober 2021

Vitamin B Kompleks Yang Bagus Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

lansia - dokpedia

Vitamin B Kompleks adalah kombinasi vitamin penting larut air yang berperan vital bagi tubuh. vitamin B kompleks memiliki fungsi khusus dan penting dalam membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.


Vitamin B terdiri dari 8 jenis dan keseluruhan vitamin B ini disebut dengan vitamin B kompleks. Vitamin ini terdiri atas vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin). Masing-masing jenis vitamin B memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.


Apa sajakah fungsi vitamin B kompleks?

Masing-masing jenis vitamin B memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa fungsi vitamin B kompleks:

  • Vitamin B1, B2, dan B3 menjaga sistem saraf tetap sehat, serta membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan nutrisi.

  • Vitamin B5 berperan penting dalam proses produksi hormon di dalam tubuh.

  • vitamin B6 selain berfungsi meningkatkan fungsi sistem saraf dan perkembangan otak, juga penting dalam pembentukan hemoglobin di sel darah merah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

  • vitamin B7 sangat penting untuk proses metabolisme lemak dan karbohidrat, yakni mengubah makanan menjadi energi.

  • Asam folat atau vitamin B9 sangat perlu dipenuhi oleh ibu hamil guna menurunkan risiko terjadinya cacat lahir tabung saraf pada bayi.

  • Folat dari vitamin B9 dapat bekerjasama dengan vitamin B12 untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah anemia.


Banyaknya manfaat yang di peroleh dari vitamin B kompleks, maka kekurangan vitamin tersebut akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Beberapa orang yang kekurangan vitamin B kompleks akan timbul gejala neuropati perifer. Gejalanya meliputi nyeri, sensasi kesemutan, mati rasa, dan lemas. Beberapa orang yang berisiko kekurangan vitamin B kompleks antara lain lansia, vegetarian, penderita diabetes dan pra-diabetes. Kekurangan vitamin B kompleks sangat membutuhkan tambahan vitamin neurotropik. Pengobatan dengan vitamin neurotropik B terbukti bermanfaat bagi pasien yang menderita gejala neuropati perifer.


Apa obat Vitamin B kompleks yang bagus untuk yang berisiko kekurangan vitamin B Kompleks?

Neurobion merupakan pilihan terbaik vitamin B kompleks yang bagus dan digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dalam tubuh. Neurobion adalah kombinasi unik vitamin B yang penting untuk kesehatan fungsi saraf, termasuk untuk metabolisme serta memelihara dan meregenerasi sistem saraf Anda.


Baca Lebih Lanjut Neurobion Putih dan Neurobion Forte