Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Mulai Dari Trimester Pertama

Iklan Semua Halaman

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Mulai Dari Trimester Pertama

Minggu, 21 Oktober 2018
ibu hamil

Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau kesehatan ibu hamil akan sangat mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Karena itu, jangan sampai Anda lalai menjaga kondisi tubuh Anda sendiri karena hal tersebut jelas akan dapat berdampak buruk pada calon buah hati.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui dan jalani, bahkan sejak usia kehamilan di trimester pertama. Apa saja? Baca ulasannya berikut ini!


Jangan Lupa Kontrol ke Dokter Secara Teratur
Kunjungi dokter kandungan Anda dan lakukan konsultasi secara teratur. Dengan demikian, jika terjadi hal-hal atau gejala yang tidak biasa, maka dokter pun dapat segera melakukan tindakan yang diperlukan agar tidak terlambat. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga membantu Anda dengan berbagai tips dan pengetahuan yang penting, seperti jenis olahraga yang cocok Anda lakukan selama kehamilan, menu makan yang tepat, dan sebagainya.


Cukupi Jumlah Asam Folat dan Zat Besi yang Diperlukan
Asam folat merupakan nutrisi yang berfungsi melindungi risiko dari kemungkinan adanya kelainan sumsum tulang belakang dan otak. Idealnya, seorang ibu hamil membutuhkan sebanyak 400 mcg asam folat setiap hari. Dan Anda dapat memperolehnya dari berbagai sumber makanan seperti sayuran hijau (bayam, brokoli) dan buah jeruk.
Selain itu, pentingnya zat besi sering kali dilupakan oleh ibu hamil. Padahal, dengan asupan suplemen zat besi yang tepat, anemia defisiensi besi pada awal kehamilan dapat dicegah. Anemia defisiensi besi pada ibu hamil trimester pertama dapat meningkatkan risiko lahir prematur sebesar dua kali lipat, dan risiko bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) sebesar tiga kali lipat.


Jangan Sembarangan Mengkonsumsi Obat
Hal ini juga berlaku untuk jenis obat-obatan yang dijual bebas di apotek, seperti obat batuk atau obat flu. Sebab, bisa jadi obat-obatan tersebut tidak baik untuk diminum oleh ibu hamil karena berdampak buruk pada janin di dalam kandungan. Anda bisa konsultasikan lebih dulu dengan dokter terkait dengan pilihan obat yang aman untuk menangani gejala sakit yang Anda rasakan.


tips menjaga kesehatan ibu hamil


Rencanakan dan Terapkan Pola Makan Sehat
Makanan yang Anda santap selama masa kehamilan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, tapi juga kebutuhan nutrisi janin di dalam kandungan. Karena itu, pola makan yang ideal dan sehat untuk ibu hamil akan mengalami perubahan dibandingkan pola makan sehat yang biasa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rencana pola makan ibu hamil, seperti usia kehamilan. Misalnya, saat trimester pertama, Anda tidak membutuhkan kalori dalam jumlah banyak, sehingga porsi makan Anda tidak perlu sampai berlebihan.
Selain itu, ada juga jenis-jenis makanan yang perlu dihindari ibu hamil seperti telur atau daging mentah maupun setengah matang. Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil yang lebih mudah terserang bakteri yang berasal dari masakan yang belum matang. Dalam merencanakan pola makan sehat, konsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda.


Morning Sickness Bisa Diatasi, Kok!
Pada saat trimester pertama kehamilan, gejala seperti mual dan bahkan muntah umum dialami oleh para ibu hamil, Hal inilah yang biasa disebut sebagai morning sickness. Sebab, meskipun bisa dialami ibu hamil sepanjang hari, kondisi ini biasanya sedang parah-parahnya di pagi hari. Penyebabnya adalah perubahan hormon di dalam tubuh Anda karena kehamilan tersebut.
Apakah morning sickness bisa diatasi? Tentu saja jawabannya adalah iya! Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Misalnya daging, biskuit, keju, atau susu ibu hamil. Air jahe atau jus buah segar juga sering dianjurkan sebagai solusi untuk mengatasi morning sickness. Tapi, jika kondisi ini tak kunjung mereda dan bahkan jadi semakin parah, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sebab rasa mual dan bahkan muntah yang dialami bisa jadi membuat Anda tidak nafsu makan, sehingga asupan nutrisi untuk janin pun jadi jauh berkurang.

tahapan kehamilan


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil yang dapat Anda coba. Selamat atas kehamilan Anda dan semoga informasinya bermanfaat!